Demi Mempromosikan Wisata Hijau, Mahasiswa ini Daki 35 Gunung di Indonesia

- Senin, 25 Oktober 2021 | 00:23 WIB
Kiri :Azam Rofiulah, mendaki 35 gunung di Indonesia. (photo/ANTARA/HO). Kanan: Gunung Bromo. (photo/Unsplash/Camille Bismonte/ilustrasi)
Kiri :Azam Rofiulah, mendaki 35 gunung di Indonesia. (photo/ANTARA/HO). Kanan: Gunung Bromo. (photo/Unsplash/Camille Bismonte/ilustrasi)

Mahasiswa Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (Lipia) Jakarta, Azam Rofiulah, mendaki 35 gunung di Indonesia selama empat bulan demi mempromosikan green tourism (wisata hijau).

"Saya baru saja menyelesaikan gunung ke-32 yaitu Gunung Rinjani di Lombok, dan akan meneruskan ke gunung Tambora di Sumbawa, Kelimutu dan Inerie, Flores," kata pria kelahiran Jakarta, 14 Mei 1997, dikutip dari ANTARA.

@azamrofiullahh memulai perjalanan sejak 16 Juli 2021 dengan pendakian Gunung Latimojong, Sulawesi Selatan. Uniknya untuk mencapai setiap lokasi menggunakan sepeda motor.

Founder Kaldera Indonesia itu menegaskan kegiatan marathon pendakian gunung itu demi mempromosi metode pariwisata hijau.

Baca juga: Hasil MotoGP Emilia Romagna 2021: Fabio Quartararo Mengunci Gelar Juara Dunia

Tentunya selama pendakian, kata dia, tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat serta memilih gunung yang berlokasi di zona hijau Covid-19.

Pariwisata Hijau sendiri merupakan konsep yang diusung sebagai bentuk kejelian Azam melihat potensi Alam Indonesia dalam menyambut era Environment 6.0 yang akan terjadi di masa mendatang.

"Indonesia memiliki keunggulan bonus demografi di tahun 2030 dan era emas di tahun 2045. Ini potensi yang harus dimaksimalkan karena tahun 2050, ditandai berakhirnya Paris Agreement tentang Zero Emission Carbon, dunia akan memasuki era Environment 6.0," katanya.

Ia menambahkan pada era ini seluruh kegiatan manusia akan berorientasi pada kelestarian lingkungan.

"Maka sudah seharusnya kita memulai gerakan baru, terutama di bidang pariwisata, agar kelak saat era ini dimulai, kita bisa menjadi salah satu pemimpin di bidang Pariwisata," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X