Polisi Tak Temukan Unsur Kesengajaan dalam Insiden Kebakaran Lapas Tangerang

- Rabu, 29 September 2021 | 15:35 WIB
Foto suasana Blok C2 pascakebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 Tangerang. (ANTARA FOTO/Handout)
Foto suasana Blok C2 pascakebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 Tangerang. (ANTARA FOTO/Handout)

Polda Metro Jaya menyebut pihaknya hingga saat ini tidak menemukan adanya unsur kesengajaan dalam kebakaran Lapas Kelas I Tangerang. Namun, polisi menyebut kebakaran itu terjadi akibat kelalaian para tersangka.

"Apakah ini ada unsur kesengajaan? Sampai sejauh ini penyidik belum menemukan adanya unsur kesengajaan," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Hal tersebut dikuatkan dari hasil gelar perkara yang dilakukan penyidik. Penyidik sepakat berdasarkan hasil penyidikan dan alat bukti menyimpulkan jika insiden ini terjadi akibat kelalaian.

"Dalam gelar perkara para penyidik dan yang terkait sepakat bahwa tidak ada unsur kesengajaan, tetapi adalah karena kelalaiannya," beber Tubagus.

Lebih jauh Tubagus menyebut kelalaiannya akibat para tersangka memasang listrik yang tidak sesuai hingga berujung pada kebakaran.

"Apa kelalaianya? Lalainya dipasang aliran listrik yang tidak sesuai dengan ketentuan, dengan alat yang tidak tepat dan dipasang oleh bukan orang yang profesional," kaya Tubagus.

Sekedar informasi, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Banten ludes terbakar pada Rabu, 8 September 2021 dini hari. Tercatat, ada sebanyak 41 orang yang tewas akibat insiden ini.

Menyusul daftar korban tewas, ada sejumlah korban luka lainnya yang akhirnya dinyatakan tutup usia. Sejumlah pihak pun diperiksa oleh pihak kepolisian termasuk pejabat Lapas Kelas I Tangerang.

Sebelumnya Polda Metro Jaya sendiri sudah menetapkan tiga orang petugas lapas sebagai tersangka dalam kasus ini dengan sangkaan Pasal 359 KUHP. Hari ini, polisi kembali menetapkan satu napi dan dua pegawai lapas sebagai tersangka karena kealpaan atau kelalaiannya.

Artikel Menarik lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X