Curhat Guru TK Karena Profesinya Sering Diremehkan
Twitter/@akuitudina
News

Curhat Guru TK Karena Profesinya Sering Diremehkan

Jumat, 04 Oktober 2019 11:17 WIB 04 Oktober 2019, 11:17 WIB

INDOZONE.ID - Meski tampaknya banyak bermain, menjadi guru TK sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Perjuangan guru TK pun sama seperti guru-guru lainnya. Namun, masih ada saja orang yang meremehkan pekerjaan guru TK.

Hal itulah yang dirasakan oleh guru TK bernama Dina ini. Melalui akun Twitter-nya, Dina bercerita soal temannya yang sering meremehkan pekerjaannya. Dalam cuitannya, ia membagikan sebuah tangkapan layar isi chat dari seorang temannya.

Temannya itu menyebut bahwa gaji guru TK sedikit dan kerjaannya pun hanya mengajari nyanyi-nyanyi saja. Karena merasa kesal dengan anggapan temannya itu, Dina pun 'mengklarifikasinya'.

Dina menyebutkan bahwa pekerjaan guru TK tidak hanya sekadar mengajari menyanyi dan menemani bermain, tapi mereka juga bertanggung jawab dan memeperhatikan perkembangan muridnya.

"Dan mungkin masih banyak cibiran yang lain (tapi saya mencoba khusnudzon saja lah, guru yang sangat berjasa mungkin masyarakat kebanyakan memandang rendah profesi guru TK yang dianggapnya hanya mengajarkan menyanyi saja kepada anak, menunggui mereka bermain, menyediakan kertas untuk menggambar, atau apa pun itu," cuit Dina.

"Menjadi guru TK bukan sekedar mengajari anak menyanyi, menggambar, mewarnai, menulis.. tapi lebih dari itu. Semua ilmu tentang aspek perkembangan anak dari mulai Kognitif, Fisik-Motorik, Sosial-Emosional, Bahasa, Seni, Moral dan Nilai Agama harus dikuasai oleh seorang guru TK," lanjutnya.

Menurut Dina, guru TK harus mampu memberikan stimulus yang tepat sesuai perkembangannya. Jika tidak mampu memberikan stimulus yang tepat, maka pertumbuhan anak tersebut di kemudian hari akan terganggu.

Singkatnya, Dina menjelaskan bahwa profesi guru TK tidak semudah yang dilihat, hanya mengajari menyanyi, membaca dan menulis. Mereka juga memiliki tanggung jawab yang besar.

Curhatannya pun mendapat dukungan dari netizen. Banyak diantara mereka yang jadi ikut kesal karena profesi guru TK dianggap mudah.

"Justru guru tk adalah profesi yg ga semua orang bisa din, jadi pondasi buat anak buat kedepannya, ih semena mena ya itu. Kamu luar biasa, percayalah. Semangat din,"cuit akun _deannisah.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Dina
Dina

Dina

Writer
Dina

Dina

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US