Wiranto: Mahasiswa Papua yang Pulang Kampung Sudah Dikirim Kembali

- Selasa, 10 September 2019 | 18:40 WIB
(photo/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
(photo/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Wiranto menyebutkan mahasiswa Papua yang sempat pulang kampung sudah mulai dikirim kembali ke daerah tempatnya belajar.

"Sudah jalan, kemarin sudah mulai," katanya, saat ditemui di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa.

Wiranto mengatakan, pesawat Hercules sudah disiapkan untuk mengangkut mahasiswa Papua tersebut. Akan tetapi Wiranto tak menyebutkan secara spesifik jumlah mahasiswa yang sudah dikirim kembali.

"Saya enggak tahu, belum monitor lagi. Masa tiap jam saya mesti lapor. Tetapi, setiap kebijakan sudah ada kesiapannya," ucapnya.

Untuk diketahui, sebanyak 835 pelajar dan mahasiswa asal Papua yang belajar di luar Papua sempat pulang kampung akibat hoax dan provokasi.

Pihak keluarga mendapat kabar miring bahwa para mahasiswa mendapatkan tekanan dan ancaman, sehingga diminta untuk pulang kampung.

"Itu hoaks dan tidak benar. Mereka kemudian dibiayai orang tua masing-masing kembali ke Papua," kata Wiranto, saat konferensi pers, Senin (9/9) lalu.

Tapi, kata dia, setelah mendapatkan informasi dari Panglima TNI dan kembali ke Jayapura ternyata tidak ada masalah apa-apa, mahasiswa itu juga menyesal dan ingin kembali ke tempat belajarnya semula.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X