PKS Minta Badan Geologi Aktif Survei Wilayah Eksplorasi Baru

- Selasa, 17 Desember 2019 | 13:36 WIB
Anggota Komisi VII DPR-RI dari Fraksi PKS Mulyanto. (Dok: Fraksi PKS)
Anggota Komisi VII DPR-RI dari Fraksi PKS Mulyanto. (Dok: Fraksi PKS)

Anggota Komisi VII DPR-RI dari Fraksi Partai Keadilan Sekahtera (PKS) Mulyanto menyesalkan minimnya anggaran survei wilayah potensi eksplorasi yang dialokasikan kepada Badan Geologi, Kementerian ESDM. Padahal hasil survei ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas produksi migas yang saat ini terus menurun.

Harusnya, kata Mulyanto, pemerintah mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Badan Geologi, Kementerian ESDM dalam hal penelitian, penyelidikan dan pelayanan di bidang sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah dan geologi lingkungan, serta survei geologi.

"Saat ini kita sangat perlu adanya sumur-sumur minyak baru untuk meningkatkan kapasitas produksi migas. Dan itu baru bisa kita laksanakan jika ada hasil survey yang akurat. Terus bagaimana kita bisa survei kalau anggarannya tidak disediakan," ujar Mulyanto di Jakarta, Selasa (17/12). 

Mulyanto menyebutkan, saat ini harus ada upaya yang masif untuk mengatasi persoalan defisit transaksi perdagangan. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah meningkatkan produksi migas.

Menurutnya, saat ini lifting minyak terus menurun. Salah satu penyebabnya karena usia sumur eksplorasi sudah tua. Untuk itu perlu dicari sumur-sumur baru.

"Peran Badan Geologi Kementerian ESDM ini sangat penting. Seharusnya Pemerintah bisa memaksimalkan peran Badan Geologi Kementerian ESDM sebagai bagian tak langsung dari upaya memperbaiki kondisi transaksi neraca perdagangan," tegas Mulyanto.

Fraksi PKS, menurut Mulyanto, sangat fokus terhadap perbaikan kondisi defisit transaksi perdagangan ini. Pihaknya mendorong Pemerintah memaksimalkan semua fungsi kelembagaan agar bisa menstabilkan neraca perdagangan dalam posisi yang positif.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X