Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Nata De Coco Bisa Dibakar

- Senin, 16 Desember 2019 | 14:35 WIB
Ahli Teknologi Pangan IPB, Ing Azis Boing Sitanggang. (Indozone/Nani Suherni)
Ahli Teknologi Pangan IPB, Ing Azis Boing Sitanggang. (Indozone/Nani Suherni)

Buat kamu yang suka mengonsumsi nata de coco pasti langsung panik saat beredar video nata de coco bisa dibakar. Rupanya hal tersebut dibenarkan lho oleh Ahli Teknologi Pangan dari IPB, Ing Azis Boing Sitangggang.

Azis tidak menampik bahwa nata de coco bisa dibakar karena nata de coco terbentuk dari nano selulosa yang rupanya ada dalam kandungan kayu.

"Saya lihat video itu kenapa bisa dibakar? ya memang bisa dibakar, strukturnya selulosa, nah kayu bisa dibakar enggak? bisa. Jadi jangan disamakan artikan ketika bisa dibakar itu terbuat dari plastik," ujar Azis, dalam diskusi Kebaikan Nata De Coco Kelapa Indonesia, di Hariss Hotel FX Sudirman, Senin (16/12).

Azis menjelaskan bahwa kayu juga memiliki kandungan selulosa yang menyebabkan kayu bisa dibakar, tetapi kandungan dalam kayu tidak hanya selulosa sehingga manusia tak mengkonsumsi kayu.

Lebih lanjut ungkap Azis bahwa dalam salah satu video yang memencet nata de coco hingga bisa dibakar adalah karena selulosa memiliki sifat untuk mengikat air, sehingga ketika memakan nata de coco, maka akan terasa ada air yang keluar.

"Nano selulosa yang berasal dari bakteri ini pemanfaataannya sudah banyak sekali, khususnya untuk gel. Karena dia sifatnya untuk mengikat air. Makanya kalau saya perhatikan videonya ibu-ibu yang menjelaskan dipencet-pencet airnya keluar kemudian dibakar. Waktu saya lihat itu saya ketawa juga," tegasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X