Pakar Katakan Sinyal NasDem Siapkan Anies Untuk Pilpres Semakin Kuat

- Jumat, 8 November 2019 | 20:10 WIB
photo/Instagram/@aniesbaswedan
photo/Instagram/@aniesbaswedan

Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Doktor Emrus Sihombing menilai bahwa sinyal Partai NasDem dalam mempersiapkan Anies Baswedan untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 semakin kuat.

"Dengan diundangnya Anies selaku Gubernur DKI Jakarta sekaligus membuka Kongres NasDem, saya katakan, iya, menguatkan sinyal Anies bakal diusung NasDem," katanya saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Menurut Emrus, perkembangan politik ke depan sangat dinamis, keputusan NasDem memilih Anies yang membuka Kongres II partai itu menjadi salah satu sinyal.

Ia mengatakan bahwa tidak biasanya partai politik untuk agenda nasional, apalagi sekelas kongres menyerahkan kepada gubernur untuk membuka kongres dan membacakan sambutan.

"Bukankah kalau partai berkongres biasanya Presiden yang diberikan kesempatan untuk membuka dan membacakan sambutan?" kata Direktur Eksekutif Emrus Corner itu.

Selain itu, ia mengatakan bahwa jika dilihat dari kajian ilmu politik, setiap langkah yang dilakukan parpol pasti didasari pertimbangan politik, apalagi saat melakukan kegiatan selevel kongres.

"Mengundang siapa, siapa memberi sambutan, apa pun yang dilakukan dalam kongres, tidak lepas dari tindakan politik, pertimbangan, dan setting politik. Hal ini karena yang melakukan parpol," katanya.

Semetara itu, soal kans Anies untuk Pilpres 2024, Emrus melihat peluangnya ada, dan bukan hanya dilirik oleh NasDem, namun juga tidak menutup kemungkinan parpol-parpol lain.

"Tidak menutup kemungkinan ini (kelanjutan) pertemuan di Gondangdia (24/7) lalu dalam rangka Pilpres 2024. Sinyal dukungan makin kuat," kata Emrus.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diundang selaku tuan rumah untuk membuka Kongres II Partai NasDem sekaligus memperingati HUT Ke-8 Partai NasDem di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, 8 November 2019.

Ketua OC Kongres II yang juga Ketua DPP Bidang Perempuan dan Anak Amelia Anggraini mengatakan bahwa pada pembukaan Kongres II NasDem rencananya tidak bakal mengundang tokoh maupun pejabat partai politik.

"Presiden, Wapres, dan ketua umum parpol akan kami undang pada penutupan pada tanggal 11 November 2019," ujar Amelia.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X