Tak Hanya Bebas Gempa, Ini Alasan Ibu Kota Hijrah ke Kalimantan Timur 

- Senin, 18 November 2019 | 11:47 WIB
Ilustrasi. (Kementerian PUPR)
Ilustrasi. (Kementerian PUPR)

Mungkin banyak di antara kamu yang masih penasaran kenapa pemerintah pusat memilih menghijrahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dikenal sebagai salah satu jantung dunia karena area hijaunya, Pulau Kalimantan rupanya tercatat menjadi lokasi teraman dari gempa bumi. Pelaksana Tugas Inspektur Jenderal Kementerian KLHK Laksmi Wijayanti menjelaskan bahwa Kalimantan menjadi lokasi paling aman dari gempa.

"Kalimantan punya banyak persyaratan, pertama tentu fisik setidak-tidaknya adalah gempa. Indonesia itu ring of fire dan pergerakan plat bumi paling dinamis, kita kejadian gempa sangat luar biasa, baik yang terasa atau yang tidak terasa. Saat ini Kalimantan adalah lokasi yang paling aman," jelasnya di kantor Indozone, Senin (18/11).

Tak hanya lokasi, pertimbangan Kalimantan dipilih jadi ibu kota juga rupanya yang menjadi dasar adalah ketersediaan tempat. Dimana kata perempuan yang akrab disapa Yanti ini menyebutkan Kalimantan menyediaan lahan.

Tak cukup dengan dua alasan, Yanti juga menerangkan ada dukungan kuat dari masyarakat dan ekonomi Kalimatan sehingga pilihan ibu kota baru jatuh ke Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Posisinya itu di tengah. Selama ini Kalimantan punya sejarah erat kaitannya dengan perekonomian Sulawesi, wilayah timur. Kalau di Jawa itu di Jawa Timur. Jadi harapannya itu dia bisa mengangkat wilayah Indonesia Timur," terangnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X