Masyarakat Diminta Terapkan Tatanan Hidup Baru di Tengah Pandemi Corona, Seperti Apa?

- Selasa, 12 Mei 2020 | 17:11 WIB
Pejalan kaki menggunakan masker melintasi trotoar di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.(ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Pejalan kaki menggunakan masker melintasi trotoar di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.(ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Juru bicara penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebutkan bahwa hingga kini pemerintah belum menemukan vaksin ataupun kekebalan yang mampu melawan untuk melawan terpaparnya virus Corona atau Covid-19 secara semena-mena.

Oleh sebab itu, Yuri mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjalankan hidup dengan tatanan yang baru di tengah pandemi corona, seperti yang selama ini sudah digembor-gemborkan oleh pemerintah, yakni dengan menjalani pola hidup yang sehat.

Tatanan hidup baru dengan mengedepankan pola hidup yang sehat tersebut menurut Yuri itu seperti terbiasa mencuci tangan, menggunakan masker, memilih untuk berdiam diri di rumah jika tidak memiliki kegiatan yang penting, serta menghindari kerumunan.

-
Pejalan kaki menggunakan masker melintas di kawasan MH Thamrin, Jakarta. (ANTARA/M Risyal Hidayat)

“Tantangan hidup yang kemudian kita lawan, kita jawab dengan kebiasaan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir, kita terbiasa menggunakan masker manakala keluar rumah,” ucap Yuri dalam video conference di BNPB, Jakarta, Selasa (12/5/2020).

“Kita terbiasa untuk menghindari kerumuman orang-orang yang sangat banyak, kita terbiasa untuk lebih banyak tinggal di rumah untuk hal-hal yang tidak perlu kita lakukan di luar rumah, dan yang lebih penting lagi kiita terbiasa menjaga diri, menjaga keluarga, lingkungan agar tetap sehat,” tambahnya.

Hal-hal yang akan diterapkan dalam tatanan hidup yang baru tersebut kata Yuri kini harus dijalani oleh setiap masyarakat jika ingin bertahan ditengah wabah pandemi virus Corona di Tanah Air.

“Inilah tatanan hidup baru yang harus kita jalani, yang harus kita ciptakan, harus kita siapkan manakala kita mau survive, kita mau bertahan dari ancaman Covid-19 ini,” tutup Yuri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X