Anggaran UN 2020 Dialihkan untuk Penanganan Wabah Corona
Anggaran Ujian Nasional (UN) 2020 bakal dialihkan untuk menangani wabah virus corona (ANTARA FOTO).
News

Anggaran UN 2020 Dialihkan untuk Penanganan Wabah Corona

Usulan Mendikbud.

Kamis, 26 Maret 2020 18:59 WIB 26 Maret 2020, 18:59 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, menyatakan fokus Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) adalah pencegahan dan penanggulangan virus corona (Covid-19).

Begitupun dengan Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, yang meniadakan Ujian Nasional dan merelokasikan anggaran tersebut untuk penanganan virus corona.

Politisi Partai Golkar ini menyatakan DPR, khususnya Komisi X bersama Mendikbud tengah melakukan rapat koordinasi untuk melaksanakan hal tersebut.

"Total realokasi anggaran yang diajukan adalah Rp405 miliar. Jumlah itu berasal dari anggaran UN yang tidak jadi dilaksanakan, efisiensi perjalanan dinas, juga program-program lain yang tidak mendesak," ucapnya saat dikonfirmasi Indozone, Kamis (26/3/2020).

Menurutnya, realokasi anggaran tersebut paling besar ditujukan untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas rumah sakit (RS) pendidikan.

"Sekitar Rp250 miliar ditujukan untuk menyiapkan 13 RS Pendidikan Rujukan dan 13 Fakultas Kedokteran menjadi Test Center Covid-19. Juga meningkatkan kapasitas RS Pendidikan untuk menampung dan menangani pasien Covid-19," ungkapnya.

Petugas medis yang menangani pasien virus corona (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).
Petugas medis yang menangani pasien virus corona (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).

Kebutuhan dana di sektor tersebut, sambungnya, sangat mendesak untuk dilakukan mengingat jumlah pasien terjangkit yang terus bertambah.

"Jika rumah sakit pendidikan dapat diberdayakan, tentu dampaknya akan signifikan. Kita juga upayakan agar kapabilitas SDM RS Pendidikan dan Fakultas Kedokteran bisa ditingkatkan untuk menangani wabah ini," jelasnya.

Selain RS Pendidikan, realokasi anggaran ini juga ditujukan untuk beberapa pos lainnya. Seperti program edukasi mengenai virus corona, yang akan dilakukan relawan mahasiswa jurusan kedokteran dan kesehatan.

"Juga kita anggarkan untuk pembelian rapid test kit, dan pengadaan APD serta kebutuhan tenaga medis lainnya. Segera kami Komisi X akan agendakan raker untuk membahas dan memutuskan usulan realokasi anggaran yang diajukan Mendikbud. Saya sangat mendukung realokasi anggaran ini segera disahkan," katanya. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Susi Fatimah
Ivanrida
Mula Akmal
Ivanrida

Ivanrida

Writer
Mula Akmal

Mula Akmal

Reporter
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU