Digitalisasi Jadi Kunci Pemerintah Berdayakan UMKM di Omnibus Law

- Rabu, 19 Februari 2020 | 10:43 WIB
Suasana Diskusi Omnibus Law Cipta Kerja tentang Kemudahan dan Perlindungan UMKM di Gedung PBNU Jakarta, Selasa malam, (18/2/2020). (INDOZONE/Mula Akmal)
Suasana Diskusi Omnibus Law Cipta Kerja tentang Kemudahan dan Perlindungan UMKM di Gedung PBNU Jakarta, Selasa malam, (18/2/2020). (INDOZONE/Mula Akmal)

Draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) juga fokus pada Usaha MIkro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Perhimpunan Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (Himpuni) menilai digitalisasi kunci menjadi kunci pemberdayaan dan perlindungan UMKM.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB Muhammad Firdaus menyatakan, salah satu amanah Omnibus Law adalah digitalisasi yang baik. Namun untuk menuju arah tersebut, tentunya pemerintah harus memiliki data yang valid tentang jumlah UMKM di Indonesia.

"Single data menjadi utama. Salah satu kunci di Omnibus Law itu digitalissi, jumlah UMKM yang ada sekita 52,8juta. Setengahnya atau sekitar 26,1 jutanya ialah usaha pertanian rumah tangga," ucapnya dalam Diskusi Omnibus Law Cipta Kerja tentang Kemudahan dan Perlindungan UMKM di Gedung PBNU Jakarta, Selasa malam, (18/2/2020).

Dia mengatakan, UMKM bukan hanya menjadi fokus negara berkembang, tapi juga perhatian negara maju.

 "UMKM bukan hanya menjadi perhatian bagi negara berkembang, tapi negara maju juga sekelas Tiongkok dan Amerika," tegasnya.

Bahkan dia menyatakan, barang-barang yang dijual di salah satu e-commerce terbesar di Indonesia adalah impor dari Tiongkok yang berasal dari UMKM mereka.

"Ini contoh yang harus dilakukan, bukan haya mengoreksi isinya (RUU OMnibus Law) yang ada celah dan harus disempurnakan, tapi implementasi UU juga harus diperhatikan," jelasnya.

Firdaus menambahkan, banyak peluang yang bisa digarap dengan sistem digitalisasi di UMKM. Hanya saja, produk-produk Tiongkok yang membanjiri e-commerce juga berasal dari usaha kecil. Digitalisasi data inilah yang sampai kini masih berjalan.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X