Pertanda Kanker Hati, Salah Satunya Karena Gusi Tidak Sehat

- Senin, 24 Juni 2019 | 13:02 WIB
Shutterstock
Shutterstock

Kanker hati merupakan tumor karsinoma yang paling umum pada sel hati dan bukan disebabkan karena penyebaran organ lain dalam tubuh. Ada dua jenis kanker hati yaitu kanker hati primer dan sekunder.

Gejala-gejala kanker hati pada seseorang sebenarnya tidak begitu terlihat. Namun, dapat dikenali dengan tanda yang biasanya muncul di awal. Seperti, penurunan berat badan secara drastis, mual dan muntah, nyeri di bagian perut, perut membesar tanpa sebab, penyakit kuning, dan tinja berwarna pucat.

-
ANTARA/Shutterstock

Untuk penyebab kanker hati sendiri belum diketahui secara detail hingga saat ini. Namun, beberapa kasus yang pernah ada menunjukkan bahwa penyebab kanker hati bermula dari hepatitis, sirosis, penyalahgunaan alkohol, kegemukan, atau hati berlemak.

Selain itu, salah satu penelitian dari Queen's University Belfast di Inggris mengungkapkan bahwa kondisi gigi dan gusi yang tidak sehat akan memicu masalah kesehatan yang berisiko, seperti stroke, jantung dan diabetes.

Dalam penelitian itu, kanker dimasukkan ke dalam sistem pencernaan yang tercantum pada klasifikasi penyakit Badan Kesehatan Dunia WHO (ICD-10). Kemudian, mereka menggunakan data dari proyek Biobank Inggris yang mencakup informasi dari 490.000 orang dewasa dari Inggris, Skotlandia, dan Wales.

-
Unsplash

Studi yang dilakukan selama 4 tahun, dari 2006 hingga 2010 itu menggunakan sampel orang dewasa di Inggris yang berusia 40-69 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan antara kesehatan mulut yang buruk dan kanker hepatobilier yang terkuat adalah karsinoma hepatoseluler. Ini adalah jenis kanker hati yang umum diderita orang dewasa.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X