Sinta Nuriyah Wahid Dianugerahi Gelar Doctor HC

- Rabu, 18 Desember 2019 | 10:44 WIB
Sinta Nuriyah Wahid (tengah) saat berpidato dalam rapat senat UIN Sunan Kalijaga. (Twitter/@AlissaWahid)
Sinta Nuriyah Wahid (tengah) saat berpidato dalam rapat senat UIN Sunan Kalijaga. (Twitter/@AlissaWahid)

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta menganugerahi gelar Doctor Honoris Causa kepada Sinta Nuriyah Wahid yang tidak lain merupakan Istri alhamarhum Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Rabu (18/12) di Yogyakarta.

Melalui postingan anaknya Alissa Wahid di Twitter, nampak Sinta Nuriyah sedang berpidato pada rapat senat dengan tema "Inklusi dalam Solidaritas Kemanusiaan: Pengalaman  Spiritual Perempuan dalam Kebinekaan."

Selain itu, melalui postingan lainnya, Alissa menyuarakan niat dan harapan ibunya, Sinta Nuriyah dengan gelarnya yang baru disematkan untuknya. Ia berharap semoga anugerah tersebut dapat menjadi pemicu buatnya untuk berbakti dan lebih bersemangat lagi.

"Ya Allah, beliau yang sudah berkhidmat untuk rakyat dan bangsa sedemikian, masih ingin melecut diri untuk khidmat yang lebih besar. Semoga kita bisa meneladani beliau ya twips," tulis Alissa.

Kabar tersebut rupanya cukup menarik perhatian warganet dan tidak sedikit yang memberikan ucapan selamat dan mendoakan agar gelar tersebut bermanfaat untuk bangsa dan negara.

-
Sinta Nuriyah Wahid (Twitter/@Fairuuz)

Dikutip dari Wikipedia, Sinta Nuriyah Wahid lahir di Jombang, 8 Maret 1948. Ia menjadi Ibu Negara Indonesia keempat dari tahun 1999 hingga tahun 2001. Sejak suaminya, Gus Dur dimakzulkan, Sinta Nuriyah menjadi aktivis pendukung Islam moderat. Ia memulai tradisi buka puasa lintas agama pada bulan Ramadan. Banser mengamankan setiap kegiatan-kegiatannya karena ia sering mendapat ancaman dari kaum ekstremis.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X