Jaga Stok Pangan, Jokowi Ingin Petani Tetap Berproduksi di Tengah Pandemi

- Selasa, 5 Mei 2020 | 10:42 WIB
Presiden Joko Widodo. (Instagram/jokowi)
Presiden Joko Widodo. (Instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebutkan bahwa pada musim kemarau nanti terdapat 30% wilayah zona musim yang akan mengalami kekeringan lebih dari biasanya. Hal itu disampaikannya berdasarkan prediksi dari Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Oleh sebab itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan untuk adanya antisipasi yang harus dipersiapkan dengan betul agar stabilitas bahan pokok tidak terganggu.

Jokowi mengimbau kepada seluruh petani untuk mempercepat musim tanam jelang kemarau, dan memanfaatkan curah hujan yang masih ada hingga saat ini. Ia pun ingin petani tetap berproduksi di tengah pandemi.

“Harus dipastikan bahwa petani tetap berproduksi, harus tetap bertanam dengan menerapkan protokol kesehatan,” ucap Jokowi dalam video conference, Selasa (5/5/2020).

“Oleh sebab itu ketersediaan sarana-sarana produksi pertanian, baik itu yang berkaitan dengan bibit pupuk harus betul-betul ada, dan harganya terjangkau. Kemudian stimulus ekonomi untuk petani. Ini juga agar dipertajam lagi,” tambahnya.

Selain itu, Jokowi juga mengimbau ketersediaan air di daerah-daerah sentra produksi pertanian. Sehingga, dari sekarang perlu dilakukan persiapan dengan menampung air hujan jelang musim kemarau.

“Ini harus disiapkan dari sekarang, mulai dari penyimpanan air hujan, kemudian memenuhi danau, waduk,embung, kolam retensi, dan penyimpanan air lainnya. Ini penting,” tutup Jokowi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X