Dave Laksono: Pemerintah Harus Lebih Tegas Lagi soal Natuna

- Sabtu, 4 Januari 2020 | 23:03 WIB
Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono (Instagram/@davefikarno)
Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono (Instagram/@davefikarno)

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Dave Laksono menilai apa yang dilakukan pemerintah dalam menyikapi persoalan Natuna yang diklaim Tiongkok, harus lebih tegas lagi.

Dave mengatakan, langkah yang diambil pemerintah lewat Menteri luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dengan mengirimkan nota diplomatik dimana menegaskan kapal Tiongkok telah melakukan pelanggaran di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) RI, itu sudah tepat.

"Situasi di laut Natuna itu membutuhkan sikap tegas dari pemerintah. Langkah yang diambil Menlu itu sudah baik tapi harus di-follow up lagi dengan sikap-sikap tegas lainnya," kata Dave kepada Indozone, Sabtu (4/1).

Menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempertegas sikap Indonesia terhadap klaim Tiongkok tersebut, mulai dari menunda kerja sama militer atau kerja sama ekonomi.

"Apakah itu menunda kerja sama militer atau sejumlah kerja sama ekonomi dengan Tiongkok, sebagai bukti kita tidak bisa diancam dan ditekan oleh negara mana pun," ungkapnya.

Sekali lagi, Dave menegaskan walaupun ada kepentingan Indonesia dimana kerja sama dan investasi Tiongkok di Indonesia cukup besar, namun tentu dengan sikap yang ditunjukkan Tiongkok dengan mengklaim wilayah Natuna sebagai daerah teritorialnya, tidak dapat dibiarkan.

"Kalau Tiongkok bersikap seperti sekarang ini dengan mengkalim sebagian wilayah Natuna sebagai kawasan teritorialnya, kita tidak boleh diam. Kita harus melawan," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X