Erupsi Gunung Taal, Turis: Pengalaman Sekali Seumur Hidup

- Senin, 13 Januari 2020 | 20:28 WIB
Warga melihat Gunung Berapi Taal yang meletus di Kota Tagaytay. (photo/REUTERS/Eloisa Lopez)
Warga melihat Gunung Berapi Taal yang meletus di Kota Tagaytay. (photo/REUTERS/Eloisa Lopez)

Sekolah hingga perkantoran terpaksa ditutup setelah Gunung Taal memuntahkan abu hingga ke seantero ibu kota Manila. Sedangkan sejumlah turis menolak pergi dan asik mengabadikan momen tersebut.

Sebelumnya, ribuan orang terpaksa mengungsi. Seorang pakar menyatakan bahwa Gunung Taal bisa mengeluarkan letusan dahsyat yang berpotensi tsunami.

"Kecepatan eskalasi aktivitas vulkanik Taal mengejutkan kami," kata Maria Antonia Bornas, kepala peneliti Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Philvocs).

Dikutip melalui Reuters, Senin (13/1), Bornas menyatakan mereka sudah mendeteksi magma meski belum ke permukaan.

"Kami memprediksi letusan besar bisa terjadi kapan saja," ucapnya.

Sekitar 16.000 orang dievakuasi dari destinas wisata populer itu. Namun, sejumlah turis mengabaikan peringatan, dan mendekati bahaya dengan menuju ke kota yang dekat dengan gunung.

-
(photo/REUTERS/Eloisa Lopez)

"Ini pengalaman sekali seumur hidup bagi kami," kata wisatawan asal Israel, Benny Borenstein sambil memotret di Tagaytay City.

Begitu juga dengan Balete, di mana wali kota Wilson Maralit menyampaikan keluhannya dalam wawancara dengan radio DMZZ.

Dilansir melalui The Guardian, dia mengatakan ada warga yang tidak bisa dipindahkan karena menolak keluar dari daerah mereka.

"Kami punya masalah. Warga kami panik karena mereka ingin menyelamatkan rumah, babi, maupun kawanan sapi," keluh Maralit.

Dia menuturkan, jajarannya berusaha menghalangi mereka agar tidak terkena abu, asap panas, maupun potensi erupsi. Maralit yang berada di Danau Taal sampai meminta bantuan militer guna mencegah penduduk yang menyelinap kembali ke rumah mereka.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X