Inilah Pesan Bersandi Terakhir Tentara NAZI pada Perang Dunia II, Ada yang Minta Rokok

- Sabtu, 9 Mei 2020 | 18:37 WIB
Pesan bersandi tentara NAZI (Wire Feeds)
Pesan bersandi tentara NAZI (Wire Feeds)

Untuk pertama kalinya, Inggris merilis pesan rahasia terakhir yang dikirimkan oleh Nazi, sesaat sebelum Perang Dunia II berakhir. Pesan kode itu berhasil dipecahkan oleh Inggris kala itu.

Inggris merilis pesan rahasia ini untuk memperingati 75 tahun kemenangan Sekutu atas Nazi di Eropa. Pesan itu merupakan pesan perpisahan dari seorang tentara Nazi yang bernama Letnan Kunkel.

-
Pesan bersandi tentara NAZI (GCHQ)

Pesan dikirimkan pada tanggal 7 Mei 1945, pukul 07:35 pagi, sebelum sistem komunikasi Nazi ditutup karena Jerman menyerah.

-
Pesan bersandi tentara Nazi (GCHQ)

“Pasukan Inggris memasuki Cuxhaven pada pukul 14:00 tanggal 6 Mei - mulai sekarang semua lalu lintas radio akan berhenti - berharap yang terbaik untuk Anda. Lt Kunkel. Ditutup selamanya - semua yang terbaik - selamat tinggal," isi pesan itu seperti dikutip dari Insider, Sabtu (9/5/2020).

Pesan lain milik tentara Jerman yang juga dirilis adalah mengenai ketersediaan rokok. Pesan ini ditanyakan oleh tentara Jerman yang beroperasi di pantai Denmark kepada radio pangkalan.

"Tidak ada rokok di sini," isi pesan tersebut.

-
Pesan bersandi tentara Nazi tentang rokok (GCHQ)

Di tahun 1944, Jerman memiliki jaringan radio militer dengan kode BROWN. Tugasnya adalah mengirim laporan bersandi mengenai pengembangan senjata.

Sebagai lawannya, sekutu menciptakan Bletchley Park untuk memecahkan kode tersebut. Salah satu hasil karya mereka yang paling terkenal adalah mesin Enigma.

-
Tim pemecah kode, Bletchley Park (Wire Feeds)

Berkat tim pemecah kode di Bletchley Park, durasi perang bisa diperpendek dan banyak nyawa berhasil diselamatkan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X