Viral Video Menjaga Hutan yang Tampar Kesadaran Banyak Orang

- Jumat, 3 Januari 2020 | 11:13 WIB
screenshoot/Twitter/@Kamalarrofiqi/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
screenshoot/Twitter/@Kamalarrofiqi/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Mengawali hari pertama di tahun 2020, DKI Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan dengan intensitas tinggi, hingga menyebabkan genangan di berbagai wilayah.

Jika diulas kembali, banyak hal yang menyebabkan banjir melanda beberapa wilayah. Salah satunya ialah hilangnya fungsi hutan.

-
banjir di Perumahan Ciledug Indah, Tangerang, Banten/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Seperti yang kita ketahui bersama, hutan berperan sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan timbulnya kepentingan-kepentingan dari sejumlah pihak, hutan dengan mudahnya ditebang diganti dengan bangunan mewah.

Maka tak heran, bila hujan dengan curah tinggi terjadi, sejumlah wilayah akan terjadi genangan karena sudah tidak ada lagi daerah resapan.
 
Terkait dengan hal itu, sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter Kamalarrofiqi, memperlihatkan seberapa pentingnya fungsi hutan untuk manusia.

Dalam video itu, terlihat, dua buah wadah sebagai obyek eksperimen. Wadah pertama diisi dengan beberapa tanaman, sedangkan wadah kedua hanya berisi tanah. Di bagian depannya ada dua buah pipa sebagai tempat aliran air.

Di depan masing-masing wadah ditaruh dua buah tempat untuk menampung air. Percobaan dimulai dengan menyiramkan air dari atas wadah tersebut.

Seperti yang terlihat, wadah berisi tanaman tidak mengeluarkan air sederas wadah yang hanya berisi tanah kosong.

Dari percobaan ini kita dapat menarik kesimpulan, dengan adanya pepohonan atau lahan terbuka hijau, dapat mencegah terjadi bencana alam seperti banjir.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika mulai dari sekarang, kita bangun kesadaran diri untuk menjaga hutan dan lingkungan untuk mencegah terjadinya bencana.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X