Aplikasi Gojek Banyak Ditiru Perusahaan Luar Negeri

- Jumat, 25 Oktober 2019 | 10:13 WIB
Antara/Muhammad Iqbal
Antara/Muhammad Iqbal

Desain aplikasi Gojek kini banyak ditiru oleh perusahaan-perusahaan di dunia. Beberapa negara yang meniru desain aplikasi Gojek yaitu perusahaan rintisan (startup) di Afrika dan Amerika Selatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh co-CEO Gojek Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo.

"Sebenarnya yang paling membanggakan untuk kita, desain satu aplikasi untuk semua transaksi sekarang sudah mulai ditiru di seluruh dunia. Jarang-jarang ada inovasi dari Indonesia sekarang ditiru negara-negara dari Afrika, di Amerika Selatan," kata Kevin (24/10).

Kevin menyebut bahwa perusahaan-perusahaan besar, termasuk kompetitornya meluncurkan aplikasi terbarunya di Amerika dengan desain yang "berbau" Gojek.

"Jadi, sudah ada satu tombol buat aplikasi, satu tombol buat makanan, satu tombol buat shopping, ya tentunya UI-nya lebih keren dari kita, cuman desainnya sama persis dengan aplikasi Gojek yang kita launching di tahun 2015," ujar Kevin.

Saat meluncurkan aplikasi mobile pada tahun 2015, Gojek mengusung konsep dengan desain tiga tombol layanan dalam aplikasi yang terdiri dari tombol untuk layanan transportasi, layanan pengiriman paket, dan layanan pembelian barang.

"Bisa dibilang desain itu konsep itu mulai ditiru oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, jadi kita itu bisa dibilang pioner konsep ini di mana satu aplikasi untuk segala transaksi," ujar Kevin.

"Dan, Andre sama saya itu sering dapat feedback dari mancanegara lah, 'Oh kita Gojeknya Nigeria, kita Gojeknya Kolombia', itu sering sekarang," lanjutnya.

Gojek saat ini tercatat telah diunduh 155 juta kali, per kuartal III 2019. Perusahaan penyedia layanan on-demand tersebut juga telah menggandeng 400.000 mitra penjual GoFood dan memiliki lebih dari 2 juta mitra pengemudi.

Gojek juga telah berekspansi ke sejumlah negara di Asia Tenggara, yakni Singapura, Thailand dan Vietnam.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X