PKS Desak Jokowi Dahulukan Pembangunan Manusia Ketimbang Infrastruktur

- Selasa, 22 Oktober 2019 | 12:51 WIB
Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR, Sukamta. (Antara/M Agung Rajasa)
Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR, Sukamta. (Antara/M Agung Rajasa)

Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR, Sukamta menyatakan agar kinerja pemerintahan Joko Widodo - Ma'ruf Amin mendahulukan pembangunan sumber daya manusia (SDM) ketimbang infrastruktur.

"Pemerintah harusnya memprioritaskan pembangunan SDM terlebih dahulu, kemudian barulah pada pembangunan yang lain termasuk infrastruktur," ucapnya, Selasa (22/10).

Dengan begitu, sambungnya, diharapkan akan lahir manusia yang tangguh dan sejahtera serta mampu membangun dan memanfaatkan sumber daya, seperti infrastruktur secara baik dan produktif. 

"Itulah perlunya kita kerja cerdas, bukan hanya semangat kerja," jelasnya.

Sukamta mengatakan pemerintah hanya memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Sementara pembangunan SDM, meskipun sudah dibuat kementerian khusus pembangunan manusia sejak awal periode 2014, tetapi baru disusun pada tahun ke-4 pemerintahan yaitu tahun 2018, menjelang akhir periode. 

"Program pembangunan SDM sudah ada sebelumnya dan tersebar ke dalam berbagai sektor, namun hingga saat itu belum ada roadmap yang menaungi semua program tadi," ujarnya.

Politisi PKS ini menyatakan fenomena tersebut merupakan indikasi seolah pemerintah lebih mementingkan aspek manusia daripada infrastruktur.

"Logika berpikir seperti ini berpotensi menimbulkan berbagai masalah pelik yang sistematis, khususnya soal pendanaan," tegasnya. (MA)

Artikel Menarik Lainnya:

9 Negara yang Melarang Vape! Berbahaya?

BMKG Ungkap Penyebab Suhu Panas yang Melanda Indonesia

Bikin Merinding! Ini 5 Hantu yang Menghantui Universitas Terkenal

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X