Kamu Harus Tau, Ini 4 Etika Menggunakan Toilet Pesawat dengan Benar
photo/Ilustrasi/Pexels/Instagram/@michaelharyawan
News

Kamu Harus Tau, Ini 4 Etika Menggunakan Toilet Pesawat dengan Benar

Rabu, 11 September 2019 17:47 WIB 11 September 2019, 17:47 WIB

INDOZONE.ID - Di zaman sekarang, pergi ke mana saja terasa sangat mudah, apalagi dengan kehadiran berbagai macam transportasi umum yang bisa digunakan. Salah satunya adalah pesawat terbang. Jika dulunya naik pesawat terbang merupakan sesuatu yang mewah dan sulit, maka sekarang tidak lagi.

Bepergian dengan pesawat terbang sudah bukan hal baru dan bisa dijangkau hampir semua lapisan masyarakat. Ditambah, ada banyak jenis maskapai pesawat terbang yang bisa menjadi pilihan.

Seperti halnya naik transportasi umum lainnya, pesawat terbang pun memiliki fasilitas publik yaitu toilet umum. Namun sayangnya, belum semua masyarakat yang tahu cara menggunakan toilet umum di dalam pesawat dengan etika yang benar. Masih ada saja orang-orang yang sesuka hati memakai fasilitas toilet.

Untuk itu, kamu harus tau 4 etika berikut ini dalam menggunakan toilet pesawat dengan benar, seperti yang dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Rabu (11/9):

1. Menjaga Kebersihan Toilet Pesawat

Toilet pesawat
photo/Ilustrasi/Pexels

Menjaga kebersihan adalah kewajiban bagi semua orang, termasuk kebersihan toilet di maskapai penerbangan. Salah satu wujud menjaga kebersihan toilet di pesawat adalah membuang tisu ke dalam tempat sampah yang sudah disediakan.

2. Menutup Pintu Toilet Pesawat

Toilet pesawat
photo/Instagram/@arman_syhh2

Kepada setiap penumpang, diharapkan untuk selalu menutup pintu toilet pesawat. Tentunya, ini adalah etika yang baik untuk menghindari rasa malu karena bisa saja penumpang lain masuk tiba-tiba. Jika merasa kesulitan mengunci pintu toilet, maka sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada pramugara atau pramugari yang bertugas.

3. Tidak Menitipkan Anak ke Penumpang Lain

Penumpang pesawat
photo/Ilustrasi/Pexels

Bagi penumpang yang membawa anak ketika naik pesawat terbang, maka sudah menjadi tugas orang tua untuk menjaga anaknya. Namun, ketika hendak ke toilet, sebaiknya penumpang tidak menitipkan anak kepada penumpang lain, melainkan meminta tolong kepada pramugara atau pramugari untuk mengawasi anak sebelum ke toilet.

4. Menekan Tombol 'Flush' Setelah Menggunakan Toilet

Toilet pesawat
photo/Instagram/@michaelharyawan

Penting untuk diingat, setelah selesai buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB), maka hal yang harus dilakukan adalah menekan tombol 'flush'. Ini adalah salah satu etika menggunakan toilet dalam pesawat terbang yang harus diperhatikan oleh setiap penumpang. Jangan sampai, setelah BAK atau BAB, kamu justru kesulitan membersihkan toilet yang digunakan.

TAG
Indozone
Rizka
Rizka

Rizka

Writer
Rizka

Rizka

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU