Awas, Sering Cabut Uban Bisa Bikin Rambut Jadi Rontok Permanen

- Kamis, 9 April 2020 | 11:16 WIB
Ilustrasi rmabut beruban. (Pixabaya/Julia Mirvis)
Ilustrasi rmabut beruban. (Pixabaya/Julia Mirvis)

Kebiasaan mencabut uban ternyata bisa membuat rambut mengalami kerontokan permanen. Hal ini diungkapkan oleh Dr Eileen Tan, ahli dermatologi Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena, Singapura.

Dilansir dari Channel News Asia, folikel (kantung kecil di kulit kepala tempat rambut tumbuh) bakal menghasilkan seuntai rambut abu-abu sesuai tempat rambut tumbuh.

Nah, jika kita terus-terusan mencabut uban dari folikel yang sama, pabrik pembuat rambut tersebut bisa berhenti berproduksi.

Diungkapkan oleh Dr Robert Shmerling dari Harvard Health Publishing, uban muncul karena folikel rambut yang menghasilkan lebih sedikit warna. Hal ini bisa terjadi karena semakin bertmbahnya usia seseorang.

Dilansir dari Heathline, uban bisa meningkat 10% hingga 20% setiap dekade setelah seseorang berusia 30 tahunan. Di sisi lain, stres juga bisa membuat rambut rontok sekitar tiga kali lebih cepat dari biasanya.

"Tetapi jika Anda setengah baya dan rambut Anda rontok dan regenerasi lebih cepat karena stres, mungkin saja rambut yang tumbuh akan menjadi warna abu-abu, bukan warna aslinya," ujar Shmerling.

Dr Eileen Tan mengatakan ada cara yang bisa memperlambat masa melanin berhenti memproduksi agar tak cepat beruban. Caranya adalah dengan rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin B6, B12 baik vitamin B yang bisa ditemukan dalam daging, ikan, dan produk susu.

Kemudian, disarankan juga untuk mengonsumsi vitamin D yang bisa ditemukan di bayam, kangkung, sarden, salmon.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X