Jokowi Minta Dana Sosial Rp110 Triliun Segera Disalurkan ke Masyarakat
Presiden Joko Widodo (ANTARA)
News

Jokowi Minta Dana Sosial Rp110 Triliun Segera Disalurkan ke Masyarakat

Agar warga bisa memenuhi kebutuhan.

Selasa, 07 April 2020 11:09 WIB 07 April 2020, 11:09 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Jokowi meminta dana jaring pengaman sosial yang telah disiapkan senilai Rp110 triliun disalurkan sesegera mungkin kepada masyarakat lapisan bawah agar tetap mampu memenuhi kebutuhan pokok selama pandemi virus corona.

"Karena program-program ini penting bagi rakyat, saya ingin menekankan penyalurannya sesegera mungkin, secepat mungkin, tepat dan cepat," kata Presiden dalam video conference dari Istana Bogor, Jawa Barat, mengutip Antara, Selasa (7/4/2020).

Sejauh ini pemerintah telah memperluas jumlah keluarga penerima manfaat dari Program Keluarga Harapan dari yang semula 9,2 juta penerima menjadi 10 juta dan juga memperbesar nilai manfaat kurang lebih 25 persen dan penyalurannya dipercepat dari tiga bulan sekali menjadi sebulan sekali.

Kemudian Program Sembako dinaikkan dari 15,2 juta penerima menjadi 20 juta penerima manfaat yang nilainya dinaikkan 30 persen dari Rp150 ribu menjadi Rp200 ribu dan diberikan selama sembilan bulan.

Selain itu, Jokowi juga telah memerintahkan Menteri Sosial untuk mendistribusikan 200 ribu paket sembako di wilayah Jabodetabek dan juga kartu pra kerja yang akan segera dimulai pada 9 April, di mana anggarannya dinaikkan dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun dengan penerima manfaat sebanyak 5,6 juta orang, terutama yang terkena PHK, pekerja informal serta pelaku UMKM yang terdampak Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya:



TAG
Susi Fatimah

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US