PSBB Tak Efektif, Wagub DKI Sebut akan Kaji Usulan Lockdown Akhir Pekan

- Rabu, 3 Februari 2021 | 10:14 WIB
Foto aerial kondisi lalu lintas yang lengang di Jalan Sudirman, Jakarta saat dilakukan lockdown. (INDOZONE).
Foto aerial kondisi lalu lintas yang lengang di Jalan Sudirman, Jakarta saat dilakukan lockdown. (INDOZONE).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan adanya kemungkinan untuk mengkaji penerapan lockdown Ibukota pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu.

Hal tersebut dikarenakan kasus Covid-19 di DKI Jakarta belum menunjukkan adanya tren penurunan, meskipun telah diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat sejak 11 Januari kemarin.

"Pemerintah pusat memiliki para pakar, para ahli yang akan terus membuat kajian, analisa apakah memungkinkan lockdown akhir minggu, Sabtu Minggu," ucap Riza kepada awak media, Rabu (3/2/2021).

Politisi Partai Gerindra ini pun mengakui, ketika akhir pekan tiba, banyak warga DKI Jakarta yang melakukan berbagai macam kegiatan di luar rumah, dan mengunjungi berbagai macam tempat yang berpotensi terjadinya kerumunan.

Baca Juga: Viral Emak-emak Cekcok Mulut Lihat Tetangganya Pasang Wifi, Netizen: Cuma Wifi Aja Iri!

"Tidak hanya ke pasar, ke mal, tempat rekreasi, termasuk berkunjung ke sanak saudara, termasuk luar kota. Ini semua dapat menimbulkan interaksi yang menimbulkan kerumunan yang dapat berdampak pada penyebaran Covid," terangnya.

Riza menjelaskan, usulan melakukan lockdown pada akhir pekan sempat diusulkan oleh anggota dewan di DPR karena mengacu pada Turki yang melakukan hal itu. Namun, ia menyebut, Pemprov DKI terbuka atas semua usulan.

"Silakan saja itu kami serahkan kepada teman-teman DPR yang mungkin sudah sampaikan ke Kemenkes, BNPB, pemerintah pusat. Kami pada prinsipnya Pemprov DKI Jakarta meyakini program-program usulan dari siapapun termasuk teman-teman DPR RI akan dipertimbangkan dengan baik," papar Riza.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X