Dukung Pemulihan Ekonomi di Sumatera Utara, Ini yang Dilakukan Pertamina

- Senin, 20 Juli 2020 | 17:07 WIB
Ilustrasi  Pertashop Pertamina yang dijalankan masyarakat. (Dok. Pertamina)
Ilustrasi Pertashop Pertamina yang dijalankan masyarakat. (Dok. Pertamina)

Pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara (Sumut) masih tertatih di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, diperlukan upaya bersama di berbagai sektor untuk mendukung pemulihan ekonomi Sumut.

Terkait itu, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mendukung upaya Pemprov Sumut untuk menggerakkan kembali perekonomian. Salah satunya melalui pengoperasian Pertashop yang dikelola oleh pengusaha lokal.

"Setelah mengoperasikan lima Pertashop di Kabupaten Karo, Samosir dan Toba Samosir pada awal Juni lalu, kami kembali mengoperasikan tambahan lima Pertashop baru," demikian disampaikan Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR I, Roby Hervindo, Senin (20/7/2020).

Pertashop yang menjual Pertamax secara resmi dan legal, kini hadir di Desa Pakpahan dan Desa Hutanagodang, Kabupaten Tapanuli Utara. Masyarakat di Desa Sinunukan III, Mandailing Natal, serta Desa Aek Korsik dan Desa Sei Sanggul, Labuhan Batu, juga telah menikmati bahan bakar berkualitas mulai Kamis (16/7/2020).

"Konsumsi Pertamax di Sumut terus menujukkan tren peningkatan. Pada Juni 2020, penyaluran Pertamax di Sumut meningkat 3% dibandingkan Mei 2020," ujar Roby.

Ini berkontribusi langsung pada kenaikan pendapatan asli daerah (PAD) Sumut. Tahun 2019, Pertamina MOR I menyumbangkan Rp874 miliar berupa pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) bagi PAD Sumut. Setoran PBBKB itu meningkat dibanding tahun 2018 yang mencapai Rp860 miliar.

Selain Pertashop, Pertamina juga mendukung perekonomian Sumut dengan menggerakkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Salah satunya UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di destinasi pariwisata super prioritas, Toba.

Melalui sinergi bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut serta Biro Bina Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara (Setdaprovsu), diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi Sumut.

Untuk tahap awal, Pertamina MOR I telah menyalurkan pinjaman permodalan senilai Rp140 juta bagi pelaku UMKM kuliner sekitar wilayah Toba. Peminjaman modal ini dibarengi  dengan program pembinaan dan pembimbingan bagi UMKM mitra binaan Pertamina.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X