The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Satgas PEN: PSBB Jakarta Tak Pengaruhi Kondisi Ekonomi
Ilustrasi IHSG dengan sejumlah karyawan mengamati layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
News

Satgas PEN: PSBB Jakarta Tak Pengaruhi Kondisi Ekonomi

Tidak terlalu berpengaruh.

Rabu, 16 September 2020 17:59 WIB 16 September 2020, 17:59 WIB

INDOZONE.ID - Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin melihat pengaruh Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dikembalikan Anies Baswedan per 14 September 2020 tidak terlalu berpengaruh pada pemulihan ekonomi nasional.

Menurutnya pasar yang telah berjalan sebelumnya hanya mengalami sentimen negatif dalam waktu singkat dan kembali normal karena geliat ekonomi yang sebenarnya sudah mulai berjalan baik sebelumnya.

"Memang PSBB dampaknya kita lihat. Namun yang menggembirakan adalah dalam waktu yang singkat sentimen pelaku pasar bisa kembali berjalan baik," kata Gunadi di Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Terkait adanya penurunan index saham yang terjadi ketika PSBB diumumkan, lanjutnya hanya berlaku sementara karena harga saham kembali pulih dengan cepat dan berangsur naik menjadi normal kembali.

"Kalau sekarang saya lihat index harga saham sudah kembali di atas Rp5 ribu dalam beberapa hari terakhir, dan saya harapkan ke depan terus membaik agar pertumbuhan ekonomi kita terus terjaga," ujarnya.

Saat ini pihaknya terus memberikan stimulasi kepada masyarakat baik keluarga miskin, Unit Kerja Mikro Kecil (UMKM) sebagai fokus kerja mereka agar pergerakan ekonomi di tengah masyarakat tetap berjalan normal untuk menjaga kestabilan ekonomi di kuartal ketiga.

"Terkait anggaran kami di ekonomi memang kami fokusnya mengganjal dan memastikan agar keluarga miskin kita itu tetap hidup normal dan para pekerja UMKM bisa terus berusaha dengan normal. Untuk itu, 85% dari dana yang ada dialokasikan ke bantuan sosial dan bantuan UMKM, sedangkan 15 persennya dialokasikan ke program yang berkaitan dengan kesehatan," tuturnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US