Transjakarta Buka 2 Rute Layanan Bus Museum di Kawasan Kota, Gratis!

- Selasa, 23 Juni 2020 | 12:28 WIB
Ilustrasi layanan Transjakarta gratis (INDOZONE/Arya Manggala)
Ilustrasi layanan Transjakarta gratis (INDOZONE/Arya Manggala)

Manajemen PT Transjakarta resmi membuka dan mengoperasikan dua rute layanan gratis shuttle bus dari dan menuju museum di kawasan Kota Tua, sejak Minggu (21/6/2020).

Dua rute Transjakarta tersebut adalah GR4: Taman Kota Intan-Museum Bahari dan GR5: Kota Tua Explorer beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB, tetap menggunakan protokol PSBB transisi bagi pelanggan. 

"Transjakarta menyiapkan empat unit armada Minitrans dengan kapasitas maksimal 15 orang per bus dan dua unit Metrotrans Low Entry (pijakan rendah ramah disabilitas) dengan kapasitas maksimal 30 orang per bus," kata Kepala Divisi Sekretaris  Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo di Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Nadia menjelaskan, adapun waktu keberangkatan adalah 10 hingga 20 menit. Meskipun gratis, pelanggan tetap harus melakukan tap on bus (TOB) menggunakan kartu uang elektronik keluaran bank-bank terkemuka di Indonesia dengan tarif Rp0,-.

Transjakarta tetap memberlakukan protokol kesehatan yang telah ditetapkan selama PSBB transisi berlaku di wilayah DKI Jakarta. 

"Protokol tersebut melingkupi protokol kesehatan dan keselamatan operasional bagi karyawan dan pelanggan Transjakarta yang meliputi sanitasi dan higienitas bus dan halte BRT secara berkala baik sebelum digunakan maupun sesudah digunakan, pemberlakuan perlindungan diri bagi karyawan dan pelanggan dengan wajib masker dan jarak aman dalam mengantri maupun duduk di dalam bus," jelasnya.

Dia menambahkan, dalam operasional dua rute baru tersebut, pihaknya tetap memberlakukan protokol kesehatan yang  telah ditetapkan selama masa PSBB  Transisi di Jakarta. Seperti 50 persen daya angkut kapasitas bus, wajib menggunakan masker selama di area lingkungan Transjakarta, cuci tangan, dan menjaga jarak antar pelanggan baik di halte maupun di dalam bus.

Pihaknya pun mengimbau agar warga DKI  tidak memaksakan bepergian apabila  dalam keadaan tidak sehat.

"Utamakan kesehatan dan keselamatan  diri dan keluarga dengan menjaga asupan  bergizi, berolahraga dan mengikuti  berbagai anjuran pemerintah dalam upaya  pemutusan penularan Covid-19," imbuhnya.

Adapun detail dua rute perjalanan Transjakarta gratis shuttle Kota Tua, ialah:  

  • Rute Shuttle GR4:  Terminal Bayangan Kota Intan – Museum Bahari 2 – Simpang Pakin 2 – Simpang Pakin 3 – SPBU Gedong Panjang – Gedong Panjang 2 – BRI Jakarta Kota – Simpang Kota Roa Malaka – Jembatan Kota Intan – Terminal Bayangan Kota Intan.  
  • Rute Shuttle GR5:  Terminal Bayangan Kota Intan – Taman Kota Intan – BNI 46 – Glodok Plaza – Kali Besar Barat 1  - Terminal Bayangan Kota Intan. 

Artikel menarik lainnya

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X