Menko PMK Sebut Gempa Malang Cukup Ditangani Pemda Saja, Belum Jadi Bencana Nasional

- Minggu, 11 April 2021 | 10:24 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy. (ANTARA/Puspa Perwitasari).
Menko PMK Muhadjir Effendy. (ANTARA/Puspa Perwitasari).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,1 yang terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur belum menjadi bencana nasional.

Karena itu, dia meminta agar pemerintah daerah dapat menangani dampak kerusakan yang terjadi. Pemerintah pusat, lanjut Muhadjir, juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi terkait penanganan pasca bencana gempa.

"Karena itu saya sarankan bencana gempa di selatan Jawa Timur ini cukup dihandel oleh masing-masing daerah, dan nanti akan saya koordinasikan," ujar Muhadjir dikutip Minggu (11/4/2021).

Baca juga: BMKG: Gempa M 5,5 Kembali Guncang Malang pada Minggu Pagi

Di samping itu, Muhadjir mengaku sudah meminta kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo untuk selalu memonitor pasca gempa di Malang ini.

"Saya sudah kontak terus dengan Kepala BNPB Pak Doni Monardo kemudian saya juga menugaskan Deputi Kemenko PMK bidang kebencanaan untuk mendata memantau perkembangan gempa," tutur dia.

Di samping itu dia menyampaikan pemerintah akanterus memantau perkembangan dari dampak gempa. Kemudian Muhadjir juga menyampaikan akan turun ke lapangan mengecek dampak yang timbul akibat gempa.

"Saya stand by sambil berkoordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait, dan akan segera turun ke lapangan. Kita lihat dulu perkembangannya," tukasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X