The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Joe Biden Menangkan Pilpres AS Unggul Telak dari Donald Trump, Ini Kata Barack Obama
Mantan Presiden AS Barack Obama ucapkan selamat untuk mantan wakilnya, Joe Biden. (Instagram)
News

Joe Biden Menangkan Pilpres AS Unggul Telak dari Donald Trump, Ini Kata Barack Obama

Minggu, 08 November 2020 11:35 WIB 08 November 2020, 11:35 WIB

INDOZONE.ID - Joe Biden berhasil memenangkan Pilpres AS 2020 dengan meraup 290 suara elektoral, unggul telak dari calon petahan Donald Trump yang hanya meraih 214 suara elektoral.

Kemenangan Biden ini langsung disambut gembira oleh orang-orang yang mendukungnya, termasuk mantan Presiden AS Barack Obama.

"Saya tidak bisa lebih bangga untuk menyampaikan selamat kepada presiden ketika selanjutnya, Joe Biden, dan juga Nyonya negara pertama kita, Jill Biden," kata Obama.

Seperti diketahui, Biden sendiri pernah menjadi wakil presiden mendampingi Obama selama dua periode (20 Januari 2009 hingga 20 Januari 2017).

"Kita bersyukur bahwa Joe meraih apa yang ia perjuangkan untuk menjadi presiden dan sudah membawanya menuju jalan itu. Sebab ketika dia menuju Gedung Putih Januari nanti, dia akan menghadapi banyak tantangan luar biasa yang tak seorang presiden pun pernah hadapi--yakni pandemi yang mengamuk, sistem ekonomi dan keadilan yang tak seimbang, risiko demokrasi, serta iklim yang saat ini sedang dalam bahaya," kata Obama.

Obama yakin bahwa Biden akan melayani rakyat Amerika dengan sepenuh hati. Keyakinan itu didasarkannya pada pengalamannya selama mengenal Biden.

"Saya tahu dia akan melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati demi kepentingan terbaik setiap orang Amerika, baik dia memiliki hak suara atau tidak. Jadi saya mendorong setiap orang Amerika untuk memberinya kesempatan dan memberinya dukungan Anda," katanya.

"Hasil pemilu di setiap tingkatan menunjukkan bahwa negara ini tetap terpecah belah. Terserah bukan hanya Joe dan Kamala, tetapi masing-masing dari kita, untuk melakukan bagian kita - menjangkau di luar zona nyaman kita, mendengarkan orang lain, menurunkan suhu, dan menemukan titik temu untuk maju, semuanya dari kita mengingat bahwa kita adalah satu bangsa, di bawah Tuhan," Obama menambahkan.

Profil Joe Biden

Joe Biden atau Joseph Robinette Biden Jr lahir di Rumah Sakit St. Mary's pada 20 November 1942 (78 tahun), di Scranton, Pennsylvania. Dia tumbuh di Scranton, Pennsylvania, dan New Castle County, Delaware. 

Biden menempuh pendidikan di Universitas Delaware sebelum mendapatkan gelar sarjana hukum dari Universitas Syracuse pada tahun 1968. Ia terpilih sebagai Penasihat Wilayah Kastil Baru pada tahun 1970, dan menjadi senator termuda keenam dalam sejarah Amerika ketika ia terpilih menjadi Senat AS dari Delaware pada tahun 1972, pada usia 29 tahun.

Biden terpilih sebagai Senat enam kali, dan menjadi senator paling senior keempat ketika ia mengundurkan diri untuk menjabat sebagai wakil presiden Barack Obama setelah mereka memenangkan pemilihan presiden 2008.

Ayah Biden awalnya kaya tetapi kemudian mengalami kemunduran finansial saat Biden lahir. Selama beberapa tahun, ia dan keluarganya tinggal dengan kakek nenek dari pihak ibu Biden.

Saat menempuh pendidikan sekolah menengah di Akademi Archmere di Claymont, Biden adalah pemain yang menonjol di tim sepak bola, dan dia juga bermain bisbol.

Bakat kepemimpinannya sudah muncul sejak masa itu. Dia adalah ketua kelas di tahun-tahun saat itu.

Pada 27 Agustus 1966, Biden menikah dengan Neilia Hunter (28 Juli 1942-18 Desember 1972), seorang mahasiswa di Syracuse University. Mereka dikaruniai tiga anak, yakni Joseph R. "Beau" Biden III (3 Februari 1969 - 30 Mei 2015), Robert Hunter Biden (lahir 1970), dan Naomi Christina "Amy" Biden (8 November 1971 - 18 Desember 1972). 

Pada 18 Desember 1972, istri Biden, Neilia, dan putri mereka yang berusia satu tahun, Amy, tewas dalam kecelakaan mobil di Hockessin, Delaware.

Pada 17 Juni 1977, di New York, Biden menikah untuk yang kedua kalinya, dengan seorang guru bernama  Jill Tracy Jacobs. Dari Jill, Biden mempunyai seorang putri bernama Ashley Blazer Biden, yang kini menjadi seorang pekerja sosial. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US