Fu Bao Bayi Panda Imut Pertama yang Lahir di Korea Selatan, Kelahirannya Jadi Kebahagiaan

- Rabu, 4 November 2020 | 19:35 WIB
Bayi panda yang pertama lahir di Korea Selatan. (Photo/Reuters/Kim Hong-Ji)
Bayi panda yang pertama lahir di Korea Selatan. (Photo/Reuters/Kim Hong-Ji)

Warga Korea Selatan menyambut bahagia atas kelahiran pertama panda, hewan nasional Tiongkok yang kemudian diberi nama Fu Bao, berarti "harta karun".

Bayi tersebut berjenis kelamin betina yang telah berusia tiga bulan. Tampak ia diperkenalkan ke sekelompok anak-anak yang berpayung dan para wartawan di Everland, taman hiburan terbesar di Korea Selatan, tepatnya berada di Yongin, Seoul selatan, Rabu (4/11/2020).

Fu Bao juga terlihat sehat, bahagia dan agak pemalu. Terutama saat penjaga kebun binatang memperkenalkan panda berusia 100 hari itu ke anak-anak, yang mengenakan kaos bergambar panda lengkap dengan masker penutup hidung dan mulut.

"Kami cinta kamu Fu Bao," ujar anak-anak berseru ke bayi panda itu, dilansir dari Reuters, Rabu (4/11/2020).

Sementara itu, Orang tua Fu Bao adalah Ai Bao, induk panda berusia tujuh tahun dan pasangannya Le Bao, 8 tahun. Keduanya berasal dari Provinsi Sichuan, Tiongkok, habitat terbesar panda/panda raksasa di dunia, dan mereka tiba di Korsel pada 2016 sebagai bagian dari "diplomasi panda".

Baca juga: Teman Masa SMP Tiba-tiba Ajak Gadis Berhijab Menikah Tanpa Pacaran, Akhirnya Tak Disangka

Lebih lanjut, panda raksasa merupakan salah satu spesies yang terancam punah di dunia. Kelahiran panda jadi momen yang kerap dirayakan oleh warga dunia. Pasalnya, panda betina hanya dapat melahirkan satu tahun sekali untuk periode waktu tertentu.

Bayi panda juga memiliki peluang hidup yang rendah karena mereka sering terlahir prematur. Berat panda yang baru lahir biasanya kurang dari 200 gram. Di samping itu, Fu Bao diketahui saat lahir berbobot 197 gram dan panjangnya mencapai 16,5 centimeter. Namun, bayi panda itu tumbuh cepat dan saat ini beratnya 5,8 kilogram dan panjang 58,3 sentimeter, kata Everland.

"Dia tumbuh cepat, mulai tumbuh gigi, dan bisa duduk sendiri saat berumur 100 hari," kata pihak kebun binatang lewat pernyataan tertulis.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X