TNI AU Kirim 5 Ton Bantuan dari Jawa Tengah ke Mamuju dengan Pesawat Hercules

- Kamis, 11 Februari 2021 | 17:10 WIB
Tim SoloPeduli (kiri) saat menyerahkan bantuan kemanusiaan logistik kepada kru Pesawat Hercules C-130 A-1330 milik TNI Angkatan Udara (AU) (kanan) untuk diterbangkan ke Mamuju Sulbar di Bandara TNI AU Lanud Adi Soemarmo di Boyolali, Jateng, Kamis (11/02/2
Tim SoloPeduli (kiri) saat menyerahkan bantuan kemanusiaan logistik kepada kru Pesawat Hercules C-130 A-1330 milik TNI Angkatan Udara (AU) (kanan) untuk diterbangkan ke Mamuju Sulbar di Bandara TNI AU Lanud Adi Soemarmo di Boyolali, Jateng, Kamis (11/02/2

Untuk mengirim 5 ton logistik bantuan kemanusiaan dari SoloPeduli di Jawa Tengah, untuk korban bencana alam di Mamuju dan Majene Sulawesi Barat, pada Kamis (11/2/2021), TNI Angkatan Udara (AU) menggunakan Pesawat Hercules C-130 A-1330  .

Bantuan kemanusiaan berupa sembako dan kebutuhan lain seberat lima ton tersebut diberangkatkan dari Lanud Adi Soemarmo yang langsung diserahkan oleh Direktur Utama SoloPeduli Sidik Anshori kepada kru Pesawat Herkules A-1330, Mayor Pnb Yayan Sofyan, yang selanjutnya akan diterbangkan ke Mamuju, Sulawesi Barat.

Mayor Pnb Yayan Sofyan selaku pilot pesawat Hercules A-1330 menjelaskan pesawat Hercules TNI AU sudah beberapa kali melaksanakan pengiriman bantuan sosial bagi korban bencana gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat.

"TNI AU akan membantu semaksimal mungkin dalam pengiriman bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana alam yang terjadi di Mamuju, Sulbar," kata Yayan seperti menguti Antara.

Direktur Utama SoloPeduli, Sidik Anshori, menjelaskan SoloPeduli bersinergi dengan TNI AU yakni Lanud Adi Soemarmo, mengirimkan sekitar lima ton bantuan kemanusiaan yang dihimpun dari warga Jawa Tengah, untuk korban gempa di Mamuju, Sulbar, dengan pesawat Hercules.

"Tim SoloPeduli mengucapkan terima kasih kepada TNI AU yang telah membantu dalam pengiriman bantuan ke Mamuju, Sulbar, untuk membantu warga korban gempa," kata Sidik.

Tim Siap Siaga Bencana (SIGAB) SoloPeduli akan mendistribusikan langsung bantuan ke Mamuju dan Majene. Logistik berupa sembako dan bantuan lain untuk tempat ibadah dan fasilitas umum merupakan donasi dari berbagai masyarakat yang diamanahkan melalui SoloPeduli.

Menurut dia, pihaknya menerjunkan dua tim SIGAB selaku kordinator lapangan (korlap) dan bagian publikasi dan dokumentasi. Mereka di sana akan bekerja sama dengan mitra pelaksana di Mamuju untuk bisa mendistribusikan bantuan paket sembako dengan target pelosok Mamuju dan Majene dengan tepat sasaran.

"Kami berterima kasih dan rasa gembiranya karena hambatan jarak yang begitu jauh untuk pengiriman bantuan bagi korban bencana yang diamanahkan warga Soloraya khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya bisa terlaksana berkat bantuan, kerja sama dan sinergi dengan TNI Lanud Adi Soemarmo," katanya.

Menurut dia, sinergi dengan Lanud Adi Soemarmo tersebut sungguh mempermudah penyaluran bantuan.

Dia berharap sembako dapat menjadi sumbangsih untuk masyarakat terdampak gempa sehingga kebutuhan pokok dapat tersedia dengan baik.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X