Terungkap, Ke Sinilah Perginya Donasi Uang Receh Kembalian Belanja Konsumen Indomaret

- Selasa, 8 September 2020 | 13:06 WIB
Ilustrasi uang receh. (Amazing2013.blogspot)
Ilustrasi uang receh. (Amazing2013.blogspot)

Saat berbelanja di Indomaret kamu mungkin pernah atau bahkan sering mendengar kalimat "Kembalian Rp200 boleh didonasikan?" dari penjaga kasir. Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun banyak yang penasaran, kemana perginya uang receh yang didonasikan tersebut?

Ternyata, uang receh tersebut masuk ke dalam program Pengumpulan Uang atau Barang (PBU) yang bekerjasama dengan Kementerian Sosial (Kemensos).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bagian Program dan Pelaporan Setditjen Pemberdayaan Sosial Kemensos, Cecep Sulaiman saat webinar di The Center for Asian Philanthropy and Society (CAPS), Senin (7/9/2020).

"Kalau belanja di Indomaret terus ada kembalian Rp200 atau Rp100 atau Rp50 itu didonasikan saja ya. Nah, itu termasuk salah satu upaya-upaya (PUB) dan semua dilakukan secara akuntabel. Dan ini penyalurannya disalurkan salah satunya melalui Kemensos,” kata Cecep.

Terkait uang donasi tersebut, kata Cecep, Indomaret atau minimarket lainnya bisa saja bekerjasama dengan pihak lain untuk melakukan pengumpulan dana.

Dalam kesempatan itu, Cecep juga mengungkapkan bahwa donasi yang terkumpul dipastikan tepat sasaran. Cecep mengatakan, dana yang terkumpul di tahun 2019-2020 yang disumbangkan ke masyarakat pedalaman.

Dana tersebut kemudian dipakai untuk membangun saluran, balai sosial, toilet umum hingga rumah. Selain itu, uang receh kembalian belanja konsumen juga disalurkan ke PMI.

Jadi jangan khawatir, uang receh kembalian belanja yang kamu donasikan itu bermanfaat untuk orang banyak kok guys!

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X