The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kemendikbud Sebut Orang Tua Perlu Beri Keteladanan dalam Penggunaan Ponsel
Siswa Sekolah Dasar mengikuti pembelajaran daring melalui aplikasi whatsapp di Palembang,Sumsel, Senin (23/11/2020). (Photo/ANTARA FOTO/Feny Selly)
News

Kemendikbud Sebut Orang Tua Perlu Beri Keteladanan dalam Penggunaan Ponsel

Sabtu, 28 November 2020 22:30 WIB 28 November 2020, 22:30 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hendarman menjelaskan bahwa orang tua perlu menjadi seseorang yang menunjukkan keteladanan dalam penggunaan ponsel.

Orang tua harus menunjukkan keteladanan agar tidak menggunakan gawai di depan anak-anaknya pada waktu yang telah disepakati,” ujar Hendarman di Jakarta, seperti yang dilansir dari Antara, Sabtu (28/11/2020).

Selain itu, ia juga mengatakan baik orang tua dan anak perlu membuat kesepakatan mengenai pembatasan penggunaan gawai. Kesepakatan itu merupakan bagian dari tanggung jawab moral dan kerja sama di dalam keluarga.

Ia juga menambahkan hal itu menjadi tantangan bagaimana orang tua dapat mengajak anak-anaknya untuk patuh pada kesepakatan. Hal itu mensyaratkan kemampuan komunikasi orang tua.

Baca juga: Wanita ini Obati Wajahnya yang Berjerawat Pakai Lintah, Bikin Netizen Merinding

Hendarman menambahkan bahwa orang tua perlu membatasi anaknya dalam bermain gawai. Terutama pada saat pandemi COVID-19, yang mana pembelajaran juga dilakukan secara daring sehingga intensitas penggunaan gawai semakin tinggi.

“Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mengawasi hal itu. Pemerintah tidak punya kewenangan, begitu juga sekolah dan guru, karena saat di rumah yang menjadi orang tua adalah guru. Orang tua merupakan guru utama dan pertama," jelasnya.

“Sekarang, bagaimana anak tidak kecanduan pada gawai, jika ayah dan ibunya juga asyik berinternet saban malam. Padahal anaknya ingin ngobrol, curhat tentang sekolah dan temannya, atau diskusi yang agak berat," ujar Satriwan

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US