The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ganjil Genap di Jakarta Kembali Berlaku Usai PSBB Berakhir
Petugas memeriksa kelengkapan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta di Cek Poin PSBB Lampiri, Kalimalang, Jakarta, Selasa (26/5/2020). (INDOZONE/Febio Hernanto)
News

Ganjil Genap di Jakarta Kembali Berlaku Usai PSBB Berakhir

Ini kata Polda Metro.

Selasa, 02 Juni 2020 11:54 WIB 02 Juni 2020, 11:54 WIB

INDOZONE.ID - Kebijakan ganjil-genap (gage) di wilayah DKI Jakarta diperkirakan akan kembali beroperasi normal setelah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selesai. Hal itu pun dibenarkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

"Ganjil genap nanti berlaku setelah PSBB berakhir," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Selasa (2/6/2020).

Dikonfirmasi terpisah, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar menyampaikan hal senada. Dia menyebut diperkirakan ganjil genap akan aktif pada 4 Juni mendatang setelah Pemprov DKI Jakarta mencabut kebijakan PSBB.

"Iya jadi nanti setelah berakhir 4 Juni akan kami evaluasi dan koordinasi dengan rekan-rekan Dishub DKI," kata Fahri.

Fahri mengatakan pihaknya akan melakukan observasi terkait ada atau tidaknya gage di Jakarta. Dia menyebut situasi lalu lintas di Jakarta kadang volume kendaraannya meningkat dan kadang berkurang selama kebijakan gage tidak aktif.

"Kadang-kadang naik, kadang-kadang turun. Minggu kemarin dibanding minggu kemarinnya lagi turun, tapi dibanding 2-3 minggu lalu naik gitu, jadi masih fakultatif dan kebutuhan apa nanti pakai gage apa nggak masih kita observasi," ungkap Fahri.

Lebih jauh Fahri mengatakan penguraian kemacetan bisa dilakukan tidak hanya menggunakan ganjil genap. Ada cara-cara selain gage yang bisa dilakukan untuk mengurai kemacetan salah satunya dengan cara buka tutup arus lalu lintas.

"Mengurai kemacetan tidak hanya menggunakan gage tapi bisa juga dengan management lain misalnya rekayasa, buka tutup, alih arus bagaimana pentingnya nanti kita lihat tanggal 4 Juni," pungkas Fahri.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US