ACT Kirim Armada Kemanusiaan Bantu Imigran Rohingya di Aceh Utara

- Minggu, 28 Juni 2020 | 15:44 WIB
Tim Disaster Emergency Response ACT melakukan konsolidasi sebelum pemberangkatan armada kemanusiaan menuju Lhokseumawe, Aceh Utara. (ANTARA)
Tim Disaster Emergency Response ACT melakukan konsolidasi sebelum pemberangkatan armada kemanusiaan menuju Lhokseumawe, Aceh Utara. (ANTARA)

Organisasi kemanusiaan nirlaba Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengirimkan tiga armada kemanusiaan untuk membantu penanganan pengungsi Rohingya yang dapat memenuhi kebutuhan dasar dan pangan saat berada di pengungsian.

ACT mengirimkan Humanity Food Truck, Humanity Water Truck, dan sebuah pikap kabin ganda. Ketiga armada kemanusiaan tersebut diberangkatkan langsung dari Wakaf Distribution Center di Gunung Sindur, Parung, Kabupaten Bogor, menuju Lhokseumawe, Aceh Utara.

Ketiga armada kemanusiaan tersebut akan mendukung pelayanan dapur umum dan aksi dermawan dalam memenuhi kebutuhan para pengungsi Rohingya.

Humanity Food Truck akan menyediakan hidangan bergizi. Sementara itu, Humanity Water Truck dikerahkan demi mendukung kebutuhan air bersih bagi para pengusngsi.

"Atas dukungan Sahabat Dermawan, kami berikhtiar memberikan yang terbaik. Sejak beberapa tahun sebelumnya, kejadian serupa, Aksi Cepat Tanggap juga melakukan aksi-aksi kemanusiaan untuk membantu etnis Rohingya," ujar Tim Disaster Emergency Response Aksi Cepat Tanggap, Daryadi Kuncoro, dilansir Antara, Minggu (28/6/2020).

Sejumlah relawan dikerahkan dalam aksi kemanusiaan ini, mereka akan tiba di Lhokseumawe dalam waktu 3 hari. Para relawan yang bertugas juga telah melakukan rapid test dan sudah mengantongi surat keterangan bebas COVID-19.

Di lapangan, para relawan tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan.

ACT sendiri sudah turun tangan membantu para pengungsi Rohingya sejak tahun 2012 lalu. ACT juga hadir langsung di Bangladesh saat eksodus besar-besaran etnis Rohingya pada Agustus 2017 dengan memberikan sejumlah bantuan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X