The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemprov DKI Jakarta Sanksi Manajemen McDonald's Sarinah karena Langgar PSBB
Pengunjung antre membeli makanan cepat saji McDonald's, kompleks pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Minggu (10/5/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
News

Pemprov DKI Jakarta Sanksi Manajemen McDonald's Sarinah karena Langgar PSBB

Sanksi pembayaran denda.

Kamis, 14 Mei 2020 15:09 WIB 14 Mei 2020, 15:09 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menindaklanjuti pelanggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan pihak manajemen McDonald Sarinah.

Sanksi pembayaran denda pun dijatuhkan bagi pihak manajemen McDonald Sarinah akibat pelanggaran tersebut.

Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, Arifin, mengatakan, penjatuhan sanksi itu diawali dengan pemanggilan kepada pihak manajemen McDonald Sarinah. Dalam pemanggilan itu, Satpol PP DKI Jakarta memberikan teguran dan menjelaskan kelalaian pihak manajemen terkait pelaksanaan PSBB di Jakarta yang tertuang dalam Pergub Nomor 33 Tahun 2020.

"Pemanggilan dilakukan pada hari ini, 14 Mei 2020. Pihak manajemen bersikap kooperatif serta mengakui kelalaiannya," kata Arifin di Jakarta Kamis (14/5/2020). 

langgar psbb, mcd sarinah, satpol pp dki jakarta,
Pengunjung berfoto di depan gerai makanan cepat saji McDonald's, kompleks pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Minggu (10/5/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Arifin mengungkapkan, pihak manajemen McDonald Sarinah juga telah bersedia membayar denda sanksi administratif sesuai yang tertulis pada Pergub Nomor 41 Tahun 2020 Pasal 7. Adapun denda administratif yang telah dibayarkan sebesar Rp10 juta oleh pihak manajemen McDonald Sarinah.

"Berkaca dari kejadian ini, ke depan, diharapkan para pelaku usaha maupun seluruh masyarakat di Jakarta dapat semakin disiplin dalam menjalani masa PSBB," ujarnya.

"Hal ini tak lain untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Ibu Kota. Sehingga, dibutuhkan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam menangani virus ini," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, adanya seremonial penutupan gerai McDonald's Sarinah Jakarta Pusat pada Minggu (10/5/2020) malam memicu terjadinya kerumunan massa.

Penutupan McDonald's Sarinah rupanya sangat penting bagi sebagian orang, terutama yang berada di Jakarta.

Seolah tak rela kedai makanan itu tutup, ratusan orang berkerumun di halaman Gedung Sarinah, Thamrin, untuk merekam momen penutupan gerai restoran cepat saji asal Amerika Serikat itu, Minggu malam (10/5).

Dalam video yang diunggah oleh akun @lambe_turah, terlihat muda-mudi berkumpul dengan jarak yang cukup dekat. Mereka merekam dan memfoto proses penutupan gerai McDonald's Sarinah dengan ponsel pintar masing-masing, layaknya kerumunan orang yang sedang menonton konser.

Video tersebut pun menuai kecaman dari netizen. Mereka menyayangkan sikap penduduk ibukota yang demikian.

"Orang kota tapi gini, engga malu sama orang desa yang diem dirumah?? Bersin 1 tumbuh 1.000," komentar @ramadhanputra07.

"Demi instastory, norak banget njir," kata @indracohen.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Murti Ali Lingga

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US