BMKG Minta Warga Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Seminggu Kedepan

- Selasa, 16 Februari 2021 | 11:57 WIB
Ilustrasi awan mendung di lapisan atmosfer wilayah Jakarta. (ANTARA)
Ilustrasi awan mendung di lapisan atmosfer wilayah Jakarta. (ANTARA)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terkait potensi cuaca ekstrem selama sepekan kedepan dari 15 hingga 21 Februari 2021.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," ucap Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Selasa (16/2/2021).

Menurut Guswanto, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah.

Wilayah tersebut antara lain adalah Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah.

Serta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang, selama 2 hari ke depan, yakni pada 16-17 Februari 2021 potensi dampak dengan status siaga adalah Propinsi Jawa Tengah," tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X