Hasilkan Karya Inovatif, Anak Muda Indonesia Raih Penghargaan Dunia
CEO Jember Futura Energi, Izza Aulya Amukholidi menerima penghargaan dari Shell Indonesia. (Shell Indonesia)
News

Hasilkan Karya Inovatif, Anak Muda Indonesia Raih Penghargaan Dunia

Kamis, 28 November 2019 10:49 WIB 28 November 2019, 10:49 WIB

INDOZONE.ID - Hasil inovasi dua tim wirausaha muda Indonesia berhasil menjuarai kompetisi 'Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards 2019', setelah bersaing dengan 19 negara di dunia. Mereka adalah tim Jember Futura Energi dan tim Resikel.

Tim Jember Futura Energi, beranggotkan enam wirausaha muda dari Banyuwangi berhasil menjadi jawara untuk kategori energi dan mobilitas.

Mereka mengembangkan inovasi berupa reaktor biogas dengan biaya yang terjangkau dengan mengolah limbah peternakan menjadi energi dan pupuk organik yang dibutuhkan petani.

Tim lainnya adalah Resikel dengan inovasi meraih runner up dengan pengembangan mesin pyrolizer untuk mengubah plastik menjadi bahan bakar minyak berkualitas di atas kerosin dengan konversi di atas 80 persen.

Selain itu mereka menciptakan incinerator yang telah dipatenkan untuk memusnahkan sampah yang sudah tidak dapat didaur ulang sehingga dapat diterapkan sistem pengelolaan zero waste.

“Prestasi tim Jember Futura Energi dan tim Resikel kembali menjadi bukti bahwa anak muda Indonesia memiliki potensi besar dalam berkarya dan menghasilkan pemikiran kreatif dan solutif yang diperlukan dalam menjawab tantangan besar transisi energi di masa depan,” kata Presiden Direktur PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi, di Jakarta, melalui keterangan resminya, Rabu (27/11).

CEO Jember Futura Energi, Izza Auliya Amukholidi (24) mengatakan kebanggaan mereka atas anugerah ini karena usaha untuk membantu masyarakat mendapat perhatian dari berbagai pihak terutama Shell.

"Kami  bersyukur karena usaha yang kami jalankan dengan semangat mengembangkan energi alternatif untuk membantu petani ternyata mendapatkan apresiasi global. Dan kami sangat berterima kasih kepada Shell Indonesia yang telah memberikan kesempatan dan memfasilitasi kami untuk terus tumbuh, mengembangkan bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” ujar Izza.

Bisnis tim Jember Futura Energi berangkat dari kepedulian Izza soal masalah pengelolaan limbah peternakan sapi di kampungnya di Banyuwangi. Melalui program Shell, mereka mendapat dukungan untuk mengembangkan produk reaktor biogas yang dapat mengolah limbah peternakan menjadi sumber energi untuk masyarakat.

Produk reaktor biogas ini tidak hanya mempermudah para peternak untuk mengolah limbahnya, tetapi juga menghasilkan energi setara 1 kg LPG dan pupuk cair sejumlah 150 liter per hari untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pemenang pertama dari setiap kategori menerima hadiah uang sebesar US$20.000, dan dua orang pemenang kedua dari masing-masing kategori mendapatkan hadiah US$10.000.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Wilfridus Kolo
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU