Kisah Remaja Korea Utara Dihukum Penjara 14 Tahun Usai 5 Menit Menonton Film Korea Selatan

- Minggu, 5 Desember 2021 | 23:22 WIB
Ilustrasi menonton film. (photo/ilustrasi/Unsplash)
Ilustrasi menonton film. (photo/ilustrasi/Unsplash)

Kabar yang cukup mengkhawatirkan kembali datang dari Korea Utara. Diketahui, seorang remaja 14 tahun dihukum 14 tahun penjara karena menonton film Korea Selatan selama lima menit.

Berdasarkan laporan Daily NK, pelajar berusia 14 tahun dari Provinsi Yanggang ditangkap pada 7 November, dan dijatuhi hukuman 14 tahun kerja paksa karena menonton 'The Uncle', sebuah film Korea Selatan yang disutradarai oleh Kim Hyoung-jin.

Film "The Uncle"

-
(Photo/imdb)

 

The Uncle merupakan film yang menceritakan seorang gadis 19 tahun yang tidak bisa bangun dari tempat tidurnya. Hal ini karena gadis itu menderita cedera psikologis. Ia juga tidak memiliki keluarga, dia hidup sepenuhnya bergantung pada tetangganya dan seorang pekerja sosial wanita bernama Ja-young.

Ditangkap Militer

-
(Photo/Reuters)

 

Berdasarkan sumber terkonfirmasi, dijelaskan bahwa seorang siswa berusia 14 tahun dari Sekolah Dasar dan Menengah Kota Hyesan ditangkap saat menonton film Korea Selatan The Uncle. 

Mereka ditangkap dalam waktu lima menit setelah menonton film, dan mereka dihukum 14 tahun kerja paksa. Ada juga kekhawatiran bahwa orang tua siswa dapat dihukum karena 'sistem asosiasi' yang ada di Korea Utara.

Baca juga: Selundupkan Film 'Squid Game', Pria di Korea Utara Diberi Hukuman Mati oleh Kim Jong Un

Negara dengan Hukum Paling Mengejutkan

-
(photo/reuters)

 

Korea Utara dikenal sebagai negara yang memberikan hukuman mengejutkan bagi siapapun yang ditemukan melanggar hukum budaya yang ketat. Ada embargo terhadap materi budaya dari 'negara yang bermusuhan' seperti Korea Selatan dan AS yang dikonsumsi atau diimpor. 

Hukuman Mati Distribusi Netflix Squid Game

-
(Photo/IMDb)

 

Tidak hanya pelajar yang ditangkap dan dipenjara, bulan lalu seorang pria dijatuhi hukuman mati karena mendistribusikan salinan serial Netflix populer Squid Game. Pria itu dikatakan telah membawa salinan Squid Game ke Korea Utara kembali dari China dan menjual USB flash drive yang berisi seri tersebut. Eksekusinya dilaporkan akan dilakukan oleh regu tembak.

Seorang siswa yang membeli drive menerima hukuman seumur hidup, sementara enam orang lain yang menonton pertunjukan telah dijatuhi hukuman lima tahun kerja paksa. Bahkan, guru dan administrator sekolah telah dipecat dan menghadapi pengusiran untuk bekerja di tambang terpencil atau diri mereka sendiri.

Sebuah sumber dalam penegakan hukum di provinsi Hamgyong Utara di Korea Utara mengatakan bahwa ada 7 siswa siswa sekolah menengah dari Kota Chongjin, Provinsi Hamgyong Utara, tertangkap menonton 'Squid Game.' Mereka ditangkap oleh inspeksi Komando Staf Gabungan ke-109.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X