PKS Usul Capres dan Koalisi Diumumkan Sejak Awal, Golkar Tertarik

- Selasa, 28 Desember 2021 | 18:36 WIB
Ilustrasi logo PKS. (Instagram/@pk_sejahtera)
Ilustrasi logo PKS. (Instagram/@pk_sejahtera)

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengajak agar semua partai politik dapat segera membentuk koalisi untuk mengumumkan calon presiden di Pilpres 2024 sejak dini.

"Saya pribadi, kalau di PKS selalu teriak ayo segera umumkan capresnya, kalau bisa segera umumkan, segera buat koalisi dini, koalisi dari sekarang," kata Mardani dalam acara survei SMRC, Selasa (28/12/2021).

Adapun berdasarkan hasil survei SMRC PKS mendapatkan elektabilitas sebesar 5,1 persen. Mardani memprediksi di Pilpres 2024 akan terbentuk koalisi 2024.

Ia menuturkan PKS mencukupi membentuk koalisi dengan mengajak satu partai saja di antara PDIP, Golkar, atau Gerindra. Sementara PKS perlu tiga partai dengan partai tengah untuk membentuk koalisi.

Baca juga: PKB: Pilpres 2024 Harus Ciptakan Momentum Baru Kepemimpinan Nasional

"Karena saya yakin kalau ada tiga (koalisi), kalau PKS karena tidak bisa berdua kecuali gabung PDIP atau gabung dengan Golkar atau Gerindra bisa dua, kalau dengan partai tengah perlu tiga partai," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia merespon imbauan PKS yang ingin membangun koalisi sejak awal. Menurut Doli, Golkar membuka peluang untuk membangun koalisi sejak awal.

"Golkar dengan senang hati kalau mau PKS berdua dengan yang lainnya untuk membangun koalisi sejak awal," tegas Doli dikesempatan yang sama.

Ketua Komisi II DPR RI ini berujar, jika usulan koalisi Pemilu 2024 dibentuk sejak dini, maka akan lebih baik dilakukan dalam rangka pembangunan lima tahun ke depan. Seperti halnya partai bisa membicarakan komitmen, visi dan misi bersama.

"Artinya pasti akan lebih kaku dan lebih detail kira-kira bangunan-bangunan apa saja, komitmen-komitmen apa saja visi apa saja misi apa saja jadi yang kita bangun ke depan," beber Doli.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X