Survei SMRC: Elektabilitas Prabowo dan Ganjar Sebagai Capres Berimbang

- Selasa, 28 Desember 2021 | 14:56 WIB
Prabowo Subianto (kiri), Ganjar Pranowo (kanan). (Instagram/@prabowo/jatengprov.go.id)
Prabowo Subianto (kiri), Ganjar Pranowo (kanan). (Instagram/@prabowo/jatengprov.go.id)

Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden (Capres) berimbang. Hal tersebut sebagaimana temuan dari Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC).

Direktur Eksekutif SMRC Sirojuddin Abbas mengatakan, berdasarkan temuan data yang dimiliki pihaknya dengan melakukan simulasi tertutup 15 nama, hasilnya Prabowo dan Ganjar elektabilitasnya berimbang.

“Lalu kita uji dengan simulasi tertutup 15 nama, temuan kita masih juga belum berubah. Pak Prabowo dan Pak Ganjar masih juga berimbang,” kata Sirojuddin dalam pemaparannya, Selasa (28/12/2021).

Adapun elektabilitas Prabowo sebesar 22,7 persen dan Ganjar ada diangka 22,5 persen.
Di bawah Prabowo dan Ganjar, hasil survei memperlihatkan ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yakni 15,2 persen.

Kemudian ada nama juga Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 5,0 persen, disusul Ridwan Kamil 4,3 persen, Menparekraf Sandiaga Uno 4,2 persen, Mensos Tri Rismaharini 2,7 persen.

Lalu ada nama Ketua DPR Puan Maharani 2,3 persen, Menko Polhukam Mahfud MD 1,3 persen, Gatot Nurmantyo 1,2 persen, Sri Mulyani 1,1 persen, Andika Perkasa 1,1 persen, Airlangga Hartarto 0,6 persen, Budi Gunawan 0,6 persen dan Erick Thohir 0,4 persen. Sementara tidak tahu atau tidak jawab 14,7 persen.

Sekedar informasi survei dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 8-16 Desember 2021. Untuk pengambilan sampel secara random (multistage random sampling) dari 2024 responden.

Adapun margin of eror survei ini sebesar kurang lebih 2,2 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X