Tolak Pernikahan Putri Mako & Rakyat Jelata, Warga di Jepang Lakukan Unjuk Rasa

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:48 WIB
Warga yang menolak pernikahan Putri Mako dan Kei Komuro. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)
Warga yang menolak pernikahan Putri Mako dan Kei Komuro. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Setelah menjalani proses pertunangan selama bertahun-tahun, Putri Mako keponakan kaisar Jepang akhirnya secara resmi menikahi kekasihnya, Kei Komuro, hari Selasa (26/10).

Kisah cintanya dengan rakyat jelata itu pun menuai kontroversi. Bahkan saat pernikahannya digelar, sekitar 100 orang demonstran turun ke jalan dan melakukan aksi penolakan pernikahan itu.

Para demonstran yang menyatakan kekhawatiran dengan masa depan keluarga kerajaan Jepang itu melakukan aksi dengan membawa papan yang berisikan pesan soal hukum di Jepang serta dana keamanan Putri Mako yang akan tinggal di New York.

"Lebih dari 100 orang berbaris hari ini karena kami ingin mengatakan yang sebenarnya tentang betapa menyusahkannya pernikahan ini," kata salah seorang demonstran, dikutip dari Metro, Rabu (27/10).

-
Potret pendemo yang menolak pernikahan Putri Mako & Kei Komuro. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Pernikahan Putri Mako digelar sangat sederhana, tanpa resepsi maupun ritual dan upacara.

Diketahui Mako dan tunangannya Kei Komuro, keduanya berusia 30 tahun, mengumumkan pertunangan mereka 4 tahun lalu, sebuah langkah yang awalnya disambut gembira oleh negara tersebut.

Namun, keadaan segera berubah masam ketika tabloid melaporkan skandal uang yang melibatkan ibu Komuro dan membuat pernikahannya keduanya ditunda.

Skandal itu menyebar ke media arus utama setelah Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang (IHA) gagal memberikan penjelasan yang jelas. Pada tahun 2021, Komuro mengeluarkan pernyataan 24 halaman tentang masalah ini dan juga mengatakan dia akan membayar utang itu.

Pada konferensi pers bersama sang suami, Mako mengatakan kalau berita tentang suaminya itu adalah salah.

"Saya mengerti ada berbagai pemikiran tentang pernikahan saya dengan Kei. Saya sangat menyesal kepada orang-orang yang memiliki masalah (dengan pernikahan kami)," ujar Mako.

Dalam konferensi itu, Komuro juga mengatakan kalau dirinya mencintai Mako dan berjanji akan melindunginya.

-
Putri Mako dan Kei Komuro saat melakukan konferensi pers (Nicolas Datiche/Pool via REUTERS)

Sementara itu, Mako dan suami akan tinggal di New York, meskipun Mako akan tinggal sendiri di Tokyo selama beberapa waktu setelah pernikahan untuk mempersiapkan kepindahannya, termasuk mengajukan paspor untuk kali pertama dalam hidupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X