China Serbu Zona Pertahanan Udara Taiwan, Kerahkan 9 Pesawat termasuk 2 Bomber Nuklir

- Senin, 22 November 2021 | 09:51 WIB
Jet tempur Shenyang J-16 milik militer China memasuki wilayah Taiwan. (TAIWANNEWS/Kementerian Pertahanan Taiwan)
Jet tempur Shenyang J-16 milik militer China memasuki wilayah Taiwan. (TAIWANNEWS/Kementerian Pertahanan Taiwan)

Militer China mengerahkan sembilan pesawat ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan. Menurut Taiwan News, Senin (22/11/2021), ini merupakan pelanggaran ke-20 yang dilakukan China dengan memasuki wilayah ADIZ Taiwan.

Pesawat-pesawat China tersebut terbang ke dua sisi wilayah Taiwan. Dua jet tempur Shenyang J-16, empat pesawat tempur Chengdu J-10, satu pesawar peringatan dini, serta kontrol udara KJ-500 melintas di sudut barat daya ADIZ Taiwan. 

Sementara dua pesawat pengebom Xian H-6, yang dapat membawa bom nuklir, mengudara ke sudut barat daya dan tenggara zona tersebut. 

Taiwan tak mau tinggal diam. Mereka mengirim pesawat dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara untuk memantau pesawat-pesawat China. Militer Taiwan juga memberikan peringatan melalui radio pada pesawat-pesawat China.

China secara terus menerus memasuki wilayah Taiwan sejak September tahun lalu. Taiwan juga telah berkali-kali memprotes tindakan China tersebut. 

Bagi Taiwan, tindakan China berpotensi merusak perdamaian dan memicu tindakan-tindakan yang lebih keras. Sebaliknya, China tetap merasa Taiwan merupakan bagian dari negara tersebut sehingga terus beraktivitas di wilayah tersebut. 

Artikel Menarik Lainnya :

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X