Prabowo Pesan 2 Pesawat Airbus A400 M: Jadi Aset Nasional untuk Misi Kemanusiaan

- Jumat, 19 November 2021 | 11:10 WIB
Pesawat A400M. (Foto/Airbus Defence)
Pesawat A400M. (Foto/Airbus Defence)

Kementerian Pertahanan (Kemhan) memesan 2 pesawat Airbus A400M yang dapat digunakan untuk tanker maupun angkut.

Airbus A400M adalah pesawat multiperan yang dapat meningkatkan kemampuan taktis udara ke udara TNI AU

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan, 2 pesawat tersebut nantinya memiliki peranan penting dalam berbagai misi di antaranya terjun payung hingga transportasi kargo berat. 

"Di samping kemampuan tanker dan taktisnya, pesawat A400M akan menjadi aset nasional yang berperan penting dalam misi kemanusiaan dan tanggap bencana," kata Prabowo, dikutip Jumat (19/11).

Namun, karena pertimbangan soal adanya perkembangan A400M di masa depan seperti kemampuan pemadam kebakarannya, Menhan Prabowo berencana untuk membeli A400M tambahan dalam waktu dekat.

Sementara itu, CEO Airbus Defence and Space, Michael Schoellhorn mengatakan kontrak pemesan pesawat itu akan efektif pada 2022. Kontrak tersebut berisi soal paket dukungan pemeliharaan dan pelatihan lengkap.

"Tatanan baru ini akan memperluas jejak A400M di kawasan Asia-Pasifik. A400M menawarkan kemampuan luar biasa ke Indonesia, menyediakan angkatan udaranya dengan platform yang sempurna untuk memberikan beban besar dan berat ke daerah-daerah terpencil dan melipatgandakan proyeksi kekuatan udaranya berkat kemampuan pengisian bahan bakar udara yang andal," ujarnya.

A400M sendiri adalah airlifter besar pertama yang mampu mengangkut beban berat seperti truk bahan bakar berkapasitas 80 ton dan ekskavator. Selain itu, A400M bisa digunakan untuk membawa makanan, pakaian serta pasokan medis menggunakan landasan pacu yang rusak dan pendek.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X