The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Coret-coretan Albert Einstein untuk Temukan Teori Relativitas Terjual Rp187 Miliar
Manuskrip Albert Einstein (REUTERS/Antony Paone)
News

Coret-coretan Albert Einstein untuk Temukan Teori Relativitas Terjual Rp187 Miliar

Jumat, 26 November 2021 17:05 WIB 26 November 2021, 17:05 WIB

INDOZONE.ID - Manuskrip Albert Einstein yang berisi hitung-hitungan dalam niatnya menemukan rumus teori relativitas, terjual seharga US$13 juta atau sekitar Rp187 miliar dalam lelang di rumah lelang Christie di Paris.

Penjualan lelang manuskrip Albert Einstein ini memecahkan rekor penjualan untuk dokumen ilmiah. Manuskrip kalkulasi teori relativitas ini ditulis Albert Einstein bersama temannya, Michele Besso, pada tahun 1913-1914.

Teori relativitas Albert Einstein kemudian diterbitkan pada tahun 1915. Teori Relativitas Einstein pada akhirnya mengubah pemahaman manusia mengenai ruang dan waktu, alam semesta, planet, dan lubang hitam.

Sementara itu, Besso rupanya menyimpan kalkulasi coret-coretan Albert Einstein tersebut. Perbuatan Besso dipuji oleh rumah lelang Christie karena kini manuskrip tersebut merupakan salah satu dokumen berharga.

"Einstein adalah seseorang yang menyimpan sangat sedikit catatan, jadi fakta bahwa manuskrip itu selamat dan sampai kepada kita sudah membuatnya menjadi luar biasa," kata Vincent Belloy, seorang ahli di rumah lelang.

Manuskrip setebal 54 halaman itu berisi perhitungan yang tak luput dari kesalahan dalam upaya menemukan teori relativitas. Namun, identitas pembelinya tidak diungkap.

Beberapa bulan lalu, surat Albert Einstein berisi teori E=mc² juga terjual sekitar Rp17,1 miliar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Zega

Zega

Editor
JOIN US
JOIN US