Presiden Jokowi Santap Malam Bersama Joe Biden di Gedung Putih

- Jumat, 13 Mei 2022 | 11:28 WIB
Presiden Jokowi menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden AS Joe Biden, di Gedung Putih, Washington DC, (Dok. Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden AS Joe Biden, di Gedung Putih, Washington DC, (Dok. Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Acara jamuan tersebut digelar di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (12/5/2022) malam waktu setempat atau Jumat (13/05/2022) pagi waktu Indonesia.

Jokowi tiba di gedung Putih sekitar pukul 17.20 waktu setempat dan langsung disambut oleh Presiden Biden. Lalu kemudian keduanya bersalaman, berfoto bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

Setelahnya, Presiden Jokowi bersama dengan pemimpin negara-negara ASEAN lainnya melakukan sesi foto bersama dengan menghadap Monumen Nasional. Presiden Jokowi kemudian menuju Blue Room untuk mengikuti jamuan santap malam.

Baca Juga: Presiden Jokowi Berangkat ke AS Hadiri Pertemuan yang Dipimpin Joe Biden, Ini Agendanya

Saat jamuan santap malam tersebut, Presiden Jokowi mendapatkan kehormatan untuk membalas toast Presiden Biden. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyebut bahwa KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan.

Selai itu Jokowi turut menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif. Kemitraan Strategis Komprehensif merupakan status kemitraan yang paling tinggi.

“Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan,” ujar Jokowi dalam siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat (13/5/2022).

Sekitar pukul 20.00 waktu setempat, jamuan santap malam tersebut selesai dan Presiden Jokowi meninggalkan Gedung Putih untuk kembali menuju Hotel Ritz-Carlton. Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X