The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

IPW Kecam Tindakan Oknum KPK Melakukan Pemerasan Rp1,5 M Terhadap Wali Kota Tanjungbalai
Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. (INDOZONE/Arya Manggala)
News

IPW Kecam Tindakan Oknum KPK Melakukan Pemerasan Rp1,5 M Terhadap Wali Kota Tanjungbalai

Rabu, 21 April 2021 23:16 WIB 21 April 2021, 23:16 WIB

INDOZONE.ID - Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) Polri mengamankan seorang penyidik Polri di KPK berinisial AKP SR. Kasusnya diduga peras Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial sebesar Rp1,5 miliar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo. Sambo menyebut Polri bersama KPK sudah mengamankan oknum penyidik tersebut.

"Propam Polri bersama KPK mengamankan penyidik KPK AKP SR hari Selasa (20/4/2021) dan telah diamankan di Div Propam Polri," kata Irjen Sambo kepada wartawan, Rabu (21/4/2021).

Di samping itu, Ind Police Watch (IPW) mengecam tindakan tersebut. Kasus tersebut dianggap tidak dapat lagi ditolerir dan jika terbukti pelakunya diminta harus dihukum mati.

Baca juga: Diduga Peras Wali Kota Tanjungbalai, Penyidik Kepolisian di KPK Ditangkap Propam Polri

"Bagaimana pun, Kasus dugaan pemerasan ini tidak boleh ditolerir. Jika terbukti pelakunya harus dijatuhi hukuman mati. Sebab apa yg dilakukan oknum polisi SR berpangkat ajun komisaris polisi (AKP) itu membuat kepercayaan publik pada KPK menjadi runtuh," kata Neta S Pane Ketua Presidium Ind Police Watch melalui siaran pers, Rabu (21/4/2021).

"Padahal selama ini harapan publik satu satunya dalam pemberantasan korupsi hanyalah KPK. Sedangkan pada polri maupun kejaksaan, publik sudah kehilangan kepercayaan," tambah pertanyaan itu.

"Namun dengan adanya kasus dugaan pemerasan terhadap walikota tanjungbalai ini publik pun akan dengan gampang menuding bahwa KPK tak ada bedanya dgn polisi maupun kejaksaan. Kalau opini ini berkembang luas dikhawatirkan akan muncul gugatan publik yakni, untuk apa lembaga KPK dipertahankan," ungkap Neta.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M. Rio Fani
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US