The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

WSBK dan MotoGP Mandalika Diharapkan Bisa Berikan Dampak Positif Buat UKM
Foto udara tikungan ke-10 lintasan Mandalika International Street Circuit saat matahari terbit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww
News

WSBK dan MotoGP Mandalika Diharapkan Bisa Berikan Dampak Positif Buat UKM

Minggu, 03 Oktober 2021 23:44 WIB 03 Oktober 2021, 23:44 WIB

INDOZONE.ID - Anggota DPRD Nusa Tenggara Barat, Muhammad Nasir mengharapkan pelaksanaan World Superbike dan MotoGP di Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama pelaku UKM.

"Harus bisa dipastikan, bahwa dalam event-event ini bisa memberikan multiplier effect. Terutama bagi UMKM-UMKM kita," ujarnya di Mataram, Minggu (3/10) dikutip dari ANTARA.

Ia menilai, keberadaan Sirkuit Mandalika menjadi magnet luar biasa yang menarik perhatian warga dunia untuk mendatangi NTB. Betapa tidak, berbagai event internasional akan terselenggara di NTB. Kehadiran sirkuit di KEK Mandalika, Lombok Tengah diprediksi akan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi NTB.

Seperti yang diketahui, sesuai rencana, sirkuit Mandalika akan lebih dulu dijajal gelaran Asia Talent Cup atau Junior MotoGP pada 12-14 November 2021.

Setelah itu, gelaran World Superbike atau WSBK dimulai dari 19 hingga 21 November 2021. Tak hanya itu, MotoGP juga direncanakan akan hadir pada 2022.

Baca juga: Gofar Hilman Bantu Teman Jual Mobil, Potret Anak Kecil dengan Satu Kaki Ini Bikin Terharu

Oleh karenanya, kehadiran event-event dunia tersebut diharapkan dapat memberikan dampak luas. Terutama dari sisi ekonomi bagi masyarakat, tak hanya di Pulau Lombok, tapi juga Pulau Sumbawa.

Meski koordinasi antara Pemerintah Provinsi dengan kabupaten/kota dinilainya sudah cukup baik, namun Pemda se-NTB juga disarankan harus menggali setiap potensi serta kemampuan para UMKM.

Menurut dia, kehadiran berbagai event dunia yang akan terlaksana di NTB itu harus bisa dimanfaatkan betul. Terlebih dalam menggairahkan kembali perekonomian di NTB.

"Harus dimanfaatkan betul ini. Karena ini mau tidak mau akan menjadi event secara reguler. Pemerintah harus mantapkan betul kemampuan-kemampuan UMKM yang ada di daerah," ucapnya.

"Di sisi lain pemerintah di kabupaten/kota juga harus mampu membaca, melihat dan memanfaatkan peluang yang ada. Jadi harus kreatif," kata anggota Komisi III DPRD NTB tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US