Airlangga Konsultasi dengan Aburizal Bakrie Sebelum Tunjuk Lodewijk Jadi Wakil Ketua DPR

- Rabu, 29 September 2021 | 18:08 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Indozone/Harits Tryan Akhmad)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (Indozone/Harits Tryan Akhmad)

Lodewijk Freidrich Paulus telah ditunjuk Partai Golkar menjadi Wakil Ketua DPR untuk menggantikan Azis Syamsuddin yang tersandung kasus hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan alasan pemilihan Lodewijk sebagai Wakil Ketua DPR. Salah satu alasannya karena Lodewijk merupakan Sekjen Partai Golkar dan terbilang kader senior.

“Ya tentunya dari di partai politik, dari segi ranking senioritas adalah nomor dua adalah sekjen. Kedua, pak Lodewijk sudah ada berada di dalam Komisi I yang salah satunya adalah korpolhukam,” ungkap Airlangga di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Dijelaskan Airlangga, sebelum menunjuk Lodewijk sebagai Wakil Ketua DPR, terlebih dahulu dirinya melakukan komunikasi dengan senior-senior Partai berlogo beringin ini.

Seperti melakukan pembahasan dengan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Abu Rizal Bakrie, hingga Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan.

"Jadi sudah pembahasan dengan pak Ketua Dewan Pembina Pak Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Pak Agung Laksono, Ketua Dewan Kehormatan Bapak Akbar Tanjung, dan juga penasihat Luhut Binsar Pandjaitan," jelas Airlangga.

Setelah itu, barulah dari hasil komunikasi tersebut di bawa ke dalam sidang harian terbatas dan rapat pleno.

“Dan ini juga dibahas di sidang harian terbatas, dan dibahas di dalam sidang pleno. Jadi berbagai pertimbangan sudah diterima,” tutup Airlangga.

Sebelumnya Partai Golkar resmi  menunjuk Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR untuk menggantikan Azis Syamsuddin yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Demikian disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat menyerahkan nama pergantian antar waktu anggota DPR dan pergantian Wakil Ketua DPR kepada Ketua DPR Puan Maharani.

“Kami telah konsul dengan seluruh senior Golkar, dan dalam rapat pleno tanggal 27 September kemarin Partai Golkar telah memutuskan  untuk menunjuk saudara Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR menggantikan Azis Syamsuddin,” kata Airlangga di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/9/2021).Fraksi PKB Siap Perjuangkan Aspirasi Nelayan Terkait PP 85/2021

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan bahwa pihaknya bakal mengawal perjuangan atas kebijakan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dinilai tidak berpihak kepada para Nelayan di Indonesia.

Demikian disampaikan Cucun saat audiensi dengan para perwakilan nelayan, di Ruang Rapat F-PKB, di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (29/9/2021).

"Saya apresiasi kehadiran ini. Ini perjuangan yang luar biasa. Kita juga dulu berjuang soal cantrang kita teriak-teriak di Komisi sampai bagaimana kita melakukan aksi turun ke jalan. Semoga ini kita bisa lakukan secara persuasif. Kita komunikasi," ungkap Cucun.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X