The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jamur Hitam Membunuh 90 Pasien Covid-19 yang Pulih saat India Dilanda Pandemi
Ilustrasi virus corona (REUTERS/Adnan Abidi)
News

Jamur Hitam Membunuh 90 Pasien Covid-19 yang Pulih saat India Dilanda Pandemi

Sabtu, 22 Mei 2021 09:26 WIB 22 Mei 2021, 09:26 WIB

INDOZONE.ID - Laporan mengungkapkan setidaknya 90 orang yang pulih dari Covid-19 meninggal karena infeksi jamur hitam langka di India yang dilanda virus corona.

Sekitar 850 orang dirawat di rumah sakit dengan mukormikosis di negara bagian Maharashtra, India barat, dan pihak berwenang telah memperingatkan mereka harus merawat 5.000 pasien selama beberapa bulan ke depan.

Kondisi tersebut juga dikenal sebagai jamur hitam, jarang terjadi sebelum gelombang virus corona kedua di India dan hanya memengaruhi mereka yang sistem kekebalannya telah terganggu termasuk penderita diabetes atau orang dengan HIV atau AIDS.

Tanpa pengobatan dini, jamur hitam memiliki angka kematian 50 persen.

Para dokter kini terpaksa mengeluarkan mata dan rahang pasien yang terinfeksi untuk menyelamatkan nyawanya.

Mucormycosis menyebabkan hidung menjadi hitam atau berubah warna, penglihatan kabur atau ganda, nyeri dada, kesulitan bernapas dan batuk darah.

Dokter percaya bahwa penggunaan steroid untuk mengobati Covid-19 yang parah dapat menyebabkan ruam kasus karena obat tersebut mengurangi kekebalan dan menaikkan kadar gula.

Menteri Kesehatan Lav Agarwal mengatakan mukormikosis telah muncul sebagai tantangan baru bagi pasien virus corona yang menjalani terapi steroid dan mereka yang sudah menderita diabetes sebelumnya.

Pada hari Kamis, negara itu melaporkan 276.110 infeksi virus korona baru selama 24 jam terakhir, sedikit lebih tinggi dari sehari sebelumnya tetapi jauh di bawah level tertinggi 400.000 yang terlihat pada awal bulan ini.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fitri
Fitri

Fitri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US